Skip to main content

PENGURUSAN PASPOR BIRU



Tugas Pokok dan Fungsi:
Sesuai dengan Peraturan Menteri PPN/ Kepala Bappenas Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian PPN/ Bappenas.
Pasal 545:
  1. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional dibantu oleh 5 (lima) Staf Ahli.
  2. Staf Ahli berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional.
  3. Staf Ahli mempunyai tugas memberikan telaahan kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional mengenai masalah sesuai dengan bidang keahliannya, yang tidak menjadi bidang tugas Sekretariat Kementerian/ Sekretariat Utama, Deputi, dan Inspektorat Utama.
  4. Kelompok Staf Ahli dapat dibantu oleh Subbagian Tata Usaha yang ditugaskan oleh Sekretaris Kementerian/Sekretaris Utama.
  5. Staf Ahli dalam melaksanakan tugasnya, secara administratif dikoordinasikan oleh Sekretaris Kementerian/Sekretaris Utama.
Pasal 546:
Staf Ahli Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional terdiri atas: 
  1. Staf Ahli Menteri PPN Bidang Pemerataan dan Kewilayahan;
  2. Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan;
  3. Staf Ahli Menteri PPN Bidang Pembangunan Sektor Unggulan dan Infrastruktur;
  4. Staf Ahli Menteri PPN Bidang Hubungan Kelembagaan; dan
  5. Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan.
  6. Staf Ahli Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional dalam melaksanakan tugasnya secara administratif dikoordinasikan oleh Sekretaris Kementerian/Sekretaris Utama.
Postingan kali ini tentang pengurusan ijin untuk mendapatkan Surat Tugas Belajar di kementerian Perencanaan dan Pembangunan Republik Indonesia atau BAPPENAS  dan sekaligus pengurusan paspor dinas. Baiklah, demi menyingkat waktu, ini dia tahap-tahap pengurusan tersebut.
  1. Sampaikan kepada atasan jauh-jauh hari, kalau bisa mulai dari tahun sebelumnya keinginan kita untuk melanjutkan studi (semacam perijinan lisan) supaya atasan nggak shock atau dikira mau kabur (Jangan seperti saya bilangnya mendadak)
  2. Sebetulnya kita bisa kerja sambil kuliah bahkan pakai beasiswa Kementerian tapi kalau sudah lulus harus Kembali hehe Setelah diterima oleh Universitas, persiapkan copy surat penerimaan atau Admission Letter.
  3. Setelah mendapatkan kepastian beasiswa, tanyakan surat kontrak beasiswa dan persiapkan copy/salinan SALnya.
  4. Menyiapkan memo kepada atasan langsung (kasus disini langsung ke Menterinya) mengenai permohonan Tugas Belajar untuk melanjutkan studi dengan melampirkan copy Admission Letter dan Student Award Letter.
  5. Bagian Kepegawaian akan menindaklanjuti dengan membuat Surat Keputusan tentang Tugas Belajar. 
  6. Menyiapkan dan mengisi format Ijin Dinas Luar Negeri yang ditandatangani kita, disampaikan kembali ke Sesmen.
  7. Bagian Kepegawaian akan menyusun Surat Perjanjian, perlu ditandatangani oleh kita diatas materai. Setelah itu Surat Perjanjian dibawa untuk menghadap Kepala Bagian Kepegawaian untuk minta paraf, lalu ke Kepala Biro Umum untuk menyampaikan secara langsung maksud melanjutkan studi dan mohon pamit.
  8. Dokumen yang disiapkan berikutnya adalah SK Tugas Belajar, Surat Perjanjian, Daftar Riwayat Hidup, beserta copy KTP, Kartu Pegawai, Foto dengan ukuran 4×6, lalu disiapkan dan diberikan ke petugas pembuat paspor.
  9. Dokumen tersebut diserahkan ke Setneg untuk dimintakan Surat Pengantar
  10. Dokumen beserta Surat Pengantar dimasukkan ke Deplu untuk pembuatan paspor dinas (service passport) dan pengurusan exit permit.
  11. Sekian dulu dari saya, sampai ketemu di postingan selanjutnya, masih dalam rangka persiapan Tugas Belajar.


Comments

Popular posts from this blog

TEST DI PT PETROKIMIA GRESIK

Siapa yang belum tau Petrokimia Gresik? Petrokimia Gresik adalah salah satu perusahaan yang berlokasi di Gresik kota Industri, BUMN dan masa depan terjamin, top. Tapi ya masuknya tentu saja tidak gampang, hehe.

Petrokimia ini buka sekitar bulan November 2015, kita isi biodata kita di web nya dan lengkapin berkasnya, kalo lolos seleksi berkas akan diundang untuk tes Akademik. Saya mengambil lokasi tes di Universitas Brawijaya, Malang tempat saya menimba ilmu selama 3 tahun 4 bulan hehe. Sebetulnya saya ikut cuman menambah pengalaman saja karena saya mendapat beasiswa S2 KGSP di Korea, jadi sambil menunggu berangkat saya ikut mendaftar kerja buat nambah pengalaman, ini rangkaian tahapan seleksinya 




Tes Akademik

Tes akademik ini isinya adalah soal seputar Pertanian, banyak soal tentang biokimia dan fisiologi tanaman, ada beberapa soal teori yang sangat dasar, masih berhubungan dengan pupuk-pupuk dan ada juga hitungan yang kalo disodorin soalnya sekarang juga saya tidak yakin bisa ngerjain. …

TES DI PT. PETROSIDA GRESIK

Hallo kali ini saya ingin berbagi pengalaman mendaftar di PT. Petrosida Gresik yang mana anak perusahaan dari PT. Petrokimia Gresik. Suatu ketika di groub angkatan HPT jurusan selama kuliah S1 di University of Brawijaya, tiba tiba teman ku sekelas ngasih informasi kalau Petrosida lagi recruitment, dia ngasih informasi kalau recruitment dilakukan online banyak upload Surat keterangan sehat, CV atau curriculum vitae, Scan ijazah, scan transcript nilai, Toefl atau kemampuan bahasa inggris minimal 450, Akreditasi kampus minimal A.
Waktu itu aku tidak tertarik karna masih on fire di kementerian dan lagi nyusun conference buat thesis saya di Korea hehe. Kebetulan saya mendapat beasiswa KGSP atau Korean Government Scholarship Programme dari pemerintah Korea, tidak terikat sih kalau sudah lulus kembali ke Indonesia silahkan kalau mau bekerja di Korea di fasilitasi, pengenya sih kerja di Luar negeri karna culture nya enak banget, orangnya profesional dan sangat menghargai waktu. Tapi orang tua …

TES PSIKOLOGI BAUM TEST

Tulisan ini di buat untuk membantu teman-teman yang sedang kebingungan ketika akan menghadapi tes psikologi, khususnya tes menggambar pohon (BAUM Test). Jujur, penulis sering ditanyai oleh teman tentang bagaimana seharusnya menggambar pohon ketika tes psikologi? Pohon apa yang sebaiknya di gambar? Apakah ada perbedaan penilaian antara tes menggambar pohon ketika masuk sekolah/ kuliah dengan masuk kerja? Nah. Kali ini penulis mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut melalu tulisan ini. Silahkan di cermati baik-baik ya....

BAUM Test merupakan alat ukur psikologi. Fungsi dari BAUM Test ini sendiri pada umumnya terdiri dari 2, pertama untuk keperluan industri (seleksi kerja) dan yang kedua klinis, biasanya digunakan untuk mendiagnosa permasalahan psikologi (asesmen psikologi). Di awali oleh Goodenough pada tahun 1926 yang mengembangkan suatu prosedur yang terstandarisasi untuk mengevaluasi inteligensi anak-anak, di awali dengan menggambar seorang manusia (draw a man). Kemudian…

AUSTRALIA AWARDS SCHOLARSHIP (AAS)

Tulisan ini merupakan pengalaman pribadi dalam menembus beasiswa Australia Awards Scholarship. Saat ini saya sedang bekerja di Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional Republik Indonesia, yah saya sangat menikmati bekerja disini dan banyak ilmu dan pengalaman yang didapat tapi pada dasarnya saya dari SMA pengen bisa bekerja di Industry tapi saat itu belum dibuka recruitment calon pegawai yasudah saya di kementerian hehe. 

Sebetulnya habis lulus kuliah S1 saya binggung mau melanjutkan Master Degree atau Bekerja dahulu, dan ada kesempatan mendapat beasiswa KGSP dari pemerintah Korea Selatan.  Hasrat untuk sekolah di Luar Negeri sebetulnya masih sangat besar tapi banyak alasan mengapa saya harus tetap menetap sementara waktu di Indonesia untuk saat ini hehe.

Saya telah mendapatkan Unconditional LoA (Letter of Acceptance) dari The Australian National University, Auckland University of Technology, University of Adelaide. Karna jadwal nya berbarengan sama Beasiswa StuNed maka saya juga…

MENDAFTAR BEASISWA BELANDA

Berbekal informasi dari teman, aku cari-cari lagi lebih mendalam segala informasi tentang S3 di Belanda. Setelah baca dan memilah-milah banyak website, artikel, akhirnya aku melabuhkan pilihan ke Wageningen University and Research (WUR) program Environmental Sciences.

Untuk beasiswa S3 ke belanda ada beberapa pilihan, diantaranya Netherlands Fellowship Programmes (NFP) dan Stuned. Tapi kedua beasiswa tersebut mengharuskan si pendaftar untuk mendapat LoA dari salah satu universitas di Belanda.

Selanjutnya. saya segera menyiapkan berkas untuk mendaftar ke WUR di sela-sela mempersiapkan berkas-berkas untuk Hungaria. Sebetulnya waktu pendaftaran yang diberikan oleh pihak universitas cukup panjang, namun waktu pendaftaran dibatasi bagi pendaftar yang ingin mendaftar beasiswa, terutama beasiswa NFP yang terlebih dahulu harus mendapat semacam invitation dari WUR untuk mendaftar beasiswa tersebut.

Dokumen yang dibutuhkan memang ternyata sedikit ribet. tidak butuh surat rekomendasi maupun proposa…

StuNed Scholarships - Study in Holland

Kali ini saya akan berbagi pengalaman mendaftar Beasiswa StuNed saat saya melakukan laporan penelitian di Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional beberapa teman lagi ngomongin beasiswa ini, saya tidak tertarik sih awalnya karena lagi onfire di kementerian hehe, tapi karena akan ada pengangkatan eselon dan salah satu syaratnya sudah berpengalaman tentunya,

selain itu harus minimal Master atau Doctoral maka saya iseng mencoba mendaftar StuNed {lagian pendaftaranya online dan tidak ada interviewnya jadi tidak menyita banyak waktu tinggal summit berkas "beres" habis itu tinggal tunggu pengumuman intinya pendaftaran hanya melihat berkas dan prestasi /pengalaman pendaftar} pendaftaran dibuka setiap tahun, setiap tanggal 1 April batas pendaftaran dan dibuka mulai 5 February kalau tidak salah. perlu diingat bahwa intake kuliah untuk beasiswa ini Antara bulan agustus sampai november ditahun yang sama dan hanya di kampus Netherlands atau Belanda saja karena beasiswa ini dari p…

MENGAPA HARUS MAPRES ?

Beberapa waktu belakangan saya mendapat beberapa pertanyaan dan juga diundang ke beberapa sesi atau seminar untuk sharing tentang kompetisi Mapres (Mahasiswa Berprestasi), tentang manajemen waktu, kiat presentasi ilmiah dan hal terkait mapres lainnya. Pada saat yang bersamaan, karena sudah mulai bekerja full-time di kementerian, tidak semua sesi sharing yang bisa saya datangi, terutama pada hari kerja.
Mungkin ada yang pernah menyentil bahwa orang yang ikut Mapres adalah orang yang `ambi` (walau saya sering gagal mengerti kenapa kata ambi atau ambisius sering memiliki konotasi negatif bagi banyak orang Indonesia setidaknya yang saya temui) dan seolah tidak peduli akan lingkungan. Padahal kata Ambisius sendiri (Menurut KBBI) berarti berkeinginan keras untuk mencapai suatu cita-cita atau harapan. Tidak ada elemen kekerasan atau pelanggaran terhadap hak orang lain dalam kata yang disebut ambisius. Klik disini

Karena itulah, tulisan ini saya tulis untuk berbagi pengalaman dan perspektif ten…