Sunday, January 21, 2018

Nanotechnology is manipulation of matter on an atomic, molecular, and supramolecular scale.

Nanoteknologi adalah ilmu dan rekayasa dalam penciptaan material, struktur fungsional, maupun piranti dalam skala nanometer”
Sistem yang diamati yaitu sistem yang berada dalam skala nanometer. Seperti yg kita ketahui bahwa 1 nanometer sama dengan sepermilyar meter.
Dengan adanya teknologi ini, diharapkan bahwa teknologi skala mikro diubah menjadi teknologi skala nano.
Sistem-sistem yang diamati misalnya berupa partikel atau yang sering disebut nanopartikel, nanomaterial, dan lain-lain. Lalu berapa batasan ukuran agar suatu partikel atau materi dikatakan sebagai nanopartikel atau nanomaterial?
Berdasarkan kesepakatan para ahli, suatu teknologi disebut sebagai nanoteknologi jika sistemnya berukuran kurang dari 100 nanometer.
Sebenarnya sudah ada sistem di alam yg menggunakan prinsip nanoteknologi misalnya DNA. Seperti yang kita ketahui bahwa DNA berukuran beberapa nanometer.
Lalu untuk apa ada nanoteknologi?
Ketika ukuran suatu material diubah ke dalam ukuran nanometer, ternyata sifat-sifat material tersebut berubah. Terkadang perubahan ini sangat berbeda dengan keadaan ketika material berada pada ukuran besar (misal ukuran mikro). Sebagai contoh, emas merupakan suatu logam yang tidak mudah bereaksi. Namun, ketika ukurannya diubah ke dalam beberapa nanometer ternyata emas menjadi reaktif. Hal ini disebabkan ketika partikel diperkecil ukurannya hingga berukuran nanometer maka jumlah atom-atom pada permukaan partikel menjadi lebih banyak. Ketika jumlah atom-atom di permukaan menjadi lebih banyak maka luas permukaan interaksi menjadi lebih besar. Hal ini menyebabkan suatu partikel nano menjadi lebih reaktif. Selain itu, beberapa logam seperti perak dapat menjadi semikonduktor jika ukurannya diperkecil menjadi ukuran nanometer. Sebenarnya masih terdapat banyak contoh lain perubahan sifat material ketika diubah menjadi ukuran nanometer.
Ada beberapa sistem yang dipelajari dalam nanoteknologi ini, di antaranya :
1) Nanopartikel : partikel yang berukuran kurang dari 100 nm.

2) Nanoribbon : material yang berbentuk pita panjang dengan ketebalan kurang dari 100 nm

3) Nanosheet : material berbentuk lembaran dengan ketebalan kurang dari 100 nm

4) Nanotube : material berbentuk tabung dengan ketebalan kulit silinder kurang dari 100 nm

5) Nanorod (nanowire) : material berbentuk tabung dengan diameter kurang dari 100 nm

6) Nanoporous : material yg mengandung porus dengan ukuran tiap porus kurang dari 100 nm

Share:

0 komentar:

Post a Comment

안녕 하세요 감사합니다
Mannaseo pangapseumnida