Wednesday, July 05, 2017

TIPS MENGERJAKAN ASSESSMENT Online LPDP




Gambaran teknis assessment online LPDP

Berdasarkan informasi dari ASI suatu lembaga patner dari LPDP, gambaran umum pelaksanaan assessment online adalah peserta akan diberikan waktu 24 jam dan pengerjaan soal akan berlansung 30 – 60 menit. Kemudian untuk menjadi catatan tambahan bahwa jenis tes dalam assessment online ini adalah tes psikologi. Bagi yang belum pernah mendapatkan pengalaman tes psikologi maka akan sangat kebingungan dan akan bertanya-tanya bagaimana teknis pelaksanannya ya?

Saya akan mencoba berbagi pengalaman saya mengenai tes psikologi online, dimana saat itu saya mengikuti seleksi kerja part time di Korea di NGO Tunza Eco-generation dibawah naungan The United Nations Environment Programme (UNEP) pada tahun 2015 dan sampai pada tahap tes tersebut. Untuk lebih memudahkan saya akan rincikan per bagian dan akan mengaitkan dengan seleksi LPDP bedanya mungkin dalam segi bahasa yang digunakan. 

1.    Mendaptkan link assessment online. Jadi saat itu saya diberi link oleh panitia untuk saya kunjungi kemudian saya mengisi borang identitas. Jadi kemungkinan saat teman-teman diberi link untuk menuju page assessment online, langkah pertama teman-teman mungkin akan disuruh mengisi borang identitas.

2.    Tes psikologi online Tunza Eco Generation juga memiliki durasi yang sama dengan tes assessment online LPDP yaitu ± 60 menit. Selama 60 menit itu saya diberikan kesempatan untuk menjawab soal-saol psikologi yang tertera, saya diberikan waktu ± 1 menit untuk mengerjakan 1 soal. Jadi gambarannya setiap soal punya timer alarm, jika teman-teman telah mencentang jawaban dan waktu belum habis maka saya dipersilahkan untuk meklik next untuk menuju ke pertanyaan selanjutnya. Namun jika teman-teman belum mencentang jawaban dan waktu sudah habis maka hanguslah kesempatan untuk menjawab pertanyaa dan kehilangan poin.

3.  Jenis soal tes psikologi sebenarnya jenis soal tes psikologi dasar, saya tidak ingat persis soal-soalnya apa. Namun setelah berusaha mengingat (hehehehe), ya soalnya itu seperti matematika dasar, deret angka, sinonim/antonim, hitungan soal cerita dan sebagainya. Selain jenis soal itu, soal tes kepribadian yang disuruh memilih sangat setuju, setuju, agak setuju, sangat tidak setuju, tidak setuju dan agak tidak setuju. Mengingat assessment online  adalah tes psikologi maka kemungkinan juga jenis-jenis soalnya tidak jauh berbeda dengan tes psikologi pada umumnya.

Tidak ada jaminan bahwa teknis assessment online LPDP akan sama persis dengan tes psikologi online yang pernah saya ikuti, saya membagikan pengalaman saya ini agar teman-teman punya gambaran bagaiaman assessment online. Bukankah memperbanyak membaca pengalaman orang lain akan sangat bermanfaat bagi teman-teman di seleksi nanti.

Tips menaklukkan assessment online LPDP

VMI (Values and Motives Inventory) adalah sebuah asesmen yang memberikan profil mengenai nilai-nilai dan motivasi yang menentukan seberapa besar energi atau upaya yang akan dikeluarkan seseorang di tempat kerja. Asesmen ini terdiri dari 122 item dan biasanya diselesaikan dalam waktu ±20 menit.

15FQ+ (Fifteen Factors Questionnaire Plus) adalah sebuah kuesioner yang dirancang untuk melihat gambaran umum kepribadian seseorang. Tidak ada jawaban benar atau salah dalam menjawab kuesioner iniKuesioner ini terdiri dari 200 pertanyaan. Tidak ada batasan waktu namun umumnya orang-orang menyelesaikannya dalam waktu ±30 menit.

Berikut disampaikan Username dan kata sandi untuk login Online Assessment, dengan ketentuan sebagai berikut :
1 Alamat website untuk pelaksanaan online assessment adalah http://lpdp.bridge2.co.id/
2. Username dan kata sandi bersifat RAHASIA;
3 Untuk menghindari kesalahan dalam mengetik username dan kata sandi, disarankan untuk melakukan copy-paste;
4 Dalam melakukan copy-paste Anda diminta lebih teliti untuk menghindari adanya karakter seperti spasi yang mungkin ikut ter-copy sehingga mengakibatkan username dan kata sandi menjadi tidak sesuai.
5 Harap mengerjakan online assessment ini di dalam waktu yang telah ditetapkan. Anda tidak dapat mengerjakan online assessment di luar waktu yang telah ditentukan dan Anda memiliki batasan Log in. Apabila Anda mengerjakan diluar waktu yang telah ditetapkan, maka akan dinyatakan diskualifikasi.
6. Serangkaian online assessment yang akan Anda kerjakan memakan waktu ± 1 jam, sehingga mohon untuk mengerjakan di tempat yang memiliki koneksi yang stabil dan pastikan Anda mengerjakan dengan kondisi yang nyaman.

1.    Hentikan berbangga diri, merasa sangat tahu dan memudahkan sesuatu.

Kebanyakan peserta tidak lolos kedalam suatu seleksi karena merasa sudah sangat qualified sehingga tidak perlu persiapan yang terlalu berlebihan, padahal seleksi LPDP tidaklah semudah itu. Banyak kejutan yang sangat tidak terduga akan teman-teman hadapi. Jadi mulai sekarang buang perasaan seperti itu dan memperbanyak latihan dan latihan tes psikologi.

2.    Pilih waktu dan lokasi yang tepat.

LPDP memberikan waktu 24 jam untuk assessment online, artinya teman-teman bebas memilih jam berapapun teman-teman akan melakukan tes itu, asal tidak lewat dari 24 jam setelah waktu ditentukan atau setelah link assessment dikirimkan. Pilih waktu-waktu yang memungkinkan teman-teman dalam kondisi mood yang baik dan prima. Kemudian pilih lokasi yang nyaman dan memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil, ini karena tesnya bersifat online. Teman-teman tidak mau kan saat tes berlangsung teman-teman menghabiskan waktu hanya untuk menunggu loading yang lama. Termasuk kenyaman tempat harus diperhatikan, hindari tempat-tempat yang terlalu ramai dan berpotensi mengganggu konsentrasi dan jalannya tes.

3.    Persiapkan berkas-berkas pendaftaran

Ingat adanya kemungkinan pengisian borang identitas, maka tidak ada salahnya teman-teman mempersipakan berkas-berkas teman di tempat yang bisa dijangkau dengat cepat oleh teman-teman.

4.    Perbanyak referensi soal psikologi

Sekarang di google telah banyak jenis tes-tes psikologi online, teman-teman cukup memasukkan kata kunci dan ikuti petunjuk tesnya (tetap berhati-hati dalam mengisi identitas ya). Mumpung masih ada waktu, pelajari dan berlatihlah agar saat tes nanti bisa lebih terbiasa dan merasa tidak shock dengan soal psikologi. Teman-teman tidak akan punya waktu untuk membuka tab/window baru untuk membantu mencarikan jawaban karena adanya batasan waktu, sehingga teman-teman harus betul-betul melatih berfikir cepat dalam menjawab soal-soal tes psikologi.

5.    Jujurlah dalam memberikan jawaban.

Tes psikologi ini salah satunya adalah ingin mengetahui kepribadain teman-teman, jujur dalam memberikan jawaban akan sangat menentukan hasil teman-teman. Jangan karena ingin terlihat baik dalam tes ini maka teman-teman seolah-plah dalam menjawab, karena bagaiaman pun jika teman-teman lulus maka pada seleksi substansi akan sangat kelihatan kepribadian asli teman-teman. Ingat kita ini calon penerima beasiswa uang negara uang dari rakyat, jika cara mendapatkannya saja sudah curang maka pertanggung jawaban moral yang harus ditanggung itu seumur hidup.

- Yang pertama VMI (Values and Motives Inventory), menurut LPDP, VMI adalah sebuah asesmen yang memberikan profil mengenai nilai-nilai dan motivasi yang menentukan seberapa besar energi atau upaya yang akan dikeluarkan seseorang di tempat kerja.
- Yang kedua adalah 15FQ+ (Fifteen Factors Questionnaire Plus), menurut LPDP, adalah sebuah kuesioner yang dirancang untuk melihat gambaran umum kepribadian seseorang.

Kedua tes ini tidak ada penilaian benar atau salah nya, dan saya ada sedikit pendapat dan tips mengenai seleksi asesmen online ini:

1. Setiap pertanyaan akan diberikan jawaban yang menjurus kearah positif (sangat setuju, setuju, agak setuju, benar, iya, dsb.), negatif (tidak setuju, sangat tidak setuju, sedikit tidak setuju, salah, tidak, dsb.), dan netral (ragu-ragu, tidak tahu dsb.). Peraturan pertama dalam memilih jawaban adalah USAHAKAN Jangan PILIH JAWABAN NETRAL.
2. Pertayaan-pertanyaannya sangat psikologis, beberapa pertanyaan bagi kita orang awam mungkin tidak tahu apa maksudnya. Dari pengalaman saya kemarin, banyak pertanyaan yg menanyakan langsung kepribadian anda, apakah anda dapat bekerja sama dengan baik, apakah anda lebih suka bekerja secara individual atau tim, dll. Hingga ke pertanyaan yang cukup bias seperti apakah anda menyukai seni ini dan itu dan lainnya. BANYAK-BANYAK BELAJAR TENTANG TES PSIKOLOGI, jgn sampai jawaban kita malah tidak sinkron dgn jawaban lainnya.
3. Beberapa pertanyaan di seleksi assesmen online, terutama di 15FQ+, terasa seperti ditanyakan berulang-ulang. misal di pertanyaan ke 13 ada pertanyaan tentang seni, nah di pertanyaan ke 54 ada lagi pertanyaan sejenis. Saya tidak tahu apakah tips ini berguna, tapi BERIKAN JAWABAN YANG KONSISTEN. jgn sampai anda menjawab satu pertanyaan dgn YA, setelah muncul pertanyaan sejenis lainnya malah anda jawab TIDAK.
4. Patuhi peraturan psikologis nomor satu, JUJUR. Mungkin penilai assessmen online ini bisa tahu mana yg jujur dan tidak hanya dari melihat jawaban2 kita.

Seleksi ini cukup menyulitkan dan tricky, terlebih lagi karena BELUM ADA alumni LPDP yg PERNAH MENGIKUTI TES INI, sehingga masih sedikit tips-tips yang dapat digunakan. Mungkin bagi yang ingin ikut LPDP mulai tahun 2017 dan seterusnya akan merasakan tantangan besar yg tidak pernah dirasakan oleh penerima-penerima LPDP sebelumnya.

6 Pastikan semua data/identitas diri benar dan mengisi semua jawaban tanpa tersisa satupun, INGAT!!! Jangan mengosongkan jawaban.. Salah satu hal sepele yang menyebabkan orang gagal dalam seleksi online biasanya karena salah dalam mengisi identitas, padahal seleskis online itu memiliki sistem yang sudah terintegrasi. Kemudia jangan terlalu lama berfokus pada satu soal sehingga menghabiskan waktu dengan sia-sia, mantaplah dalam milih jawaban dan klik next. Dan terakhir jika tersedia tombol "FINISH atau SUBMIT" maka pastikan untuk mengkliknya, jangan sampai sudah capek-capek menjawab malah sia-sia karena tidak menekan tombol tersebut. 


Share:

0 komentar:

Post a Comment

안녕 하세요 감사합니다
Mannaseo pangapseumnida