Thursday, July 20, 2017

Cerita Daftar kerja di PT PETROKIMIA GRESIK 2015


Siapa yang belum tau Petrokimia Gresik? Bagi saya pribadi, Petrokimia Gresik adalah salah satu perusahaan yang saya idam idamkan dari semasa kuliah, pekerjaan yang chemical engineer banget, berlokasi di Gresik kota Industri , BUMN dan masa depan terjamin, top. Tapi ya masuknya tentu saja tidak gampang, hehe.

Petrokimia ini buka sekitar bulan November 2015, kita isi biodata kita di web nya dan lengkapin berkasnya, kalo lolos seleksi berkas akan diundang untuk tes Akademik. Saya mengambil lokasi tes di Universitas Brawijaya, Malang tempat saya menimba ilmu selama 3 tahun 6 bulan hehe. Sebetulnya saya ikut cuman menambah pengalaman saja karena saya mendapat beasiswa S2 KGSP di Korea, jadi sambil menunggu berangkat saya ikut mendaftar kerja buat nambah pengalaman, ini rangkaian tahapan seleksinya 



Tes Akademik

Tes akademik ini isinya adalah soal seputar Pertanian, banyak soal tentang biokimia dan fisiologi tanaman, ada beberapa soal teori yang sangat dasar, masih berhubungan dengan pupuk-pupuk dan ada juga hitungan yang kalo disodorin soalnya sekarang juga saya tidak yakin bisa ngerjain. Pas ngerjain ini saya pasrah, tidak belajar apa apa selain proses pembuatan pupuk malemnya, dan pas tes semua soal itungan yang super panjang saya ga kerjain, saya cuma ngerjain teorinya aja,tapi udah lumayan, kalo ga salah soalnya ada 60 dan sekitar 40 memang teori. Pasrah, hasil tes Akademik keluar hari itu juga.

Psikotes dan Wawancara Psikolog

Alhamdulillah saya masih lolos dari tes Akademik. Yang lolos tes akademik ini bener bener kontras sama yang awal, seinget saya 60-an, dari 300 yang tes paginya. Kemudian saya disuruh psikotes dan wawancara psikolog beberapa hari kemudian.

Psikotes lengkap, isinya :
-Semacam TPA
-Deret-deret
-Mencari gambar yang sama
-Cari gambar yang salah
-WARTEGG test
-Gambar Orang
-Gambar Pohon
-DISC Test ada 3 biji beda beda
-Kraeplin

Wawancara Psikolog ini singkat banget, tidak nyampe 10 menit, yang ditanya :  
-Kenapa milih petrokimia?
-Kamu pernah jadi assisten? piye ini rasanya?
-Kenapa saya harus milih kamu? barusan ada yang IPKnya 3.8 wawancara sama saya.
-Kamu yakin bisa sukses di petrokimia?
-Pernah mimpin apa aja kamu?

Udah. Kalo wawancara psikolog ini emang ga dalam, kayaknya psikolog nya udah tau karakter orang dari sekali pandang. Selesai. Pulang.


Medical dan Wawancara User

Alhamdulillah saya lolos lagi tahapan ini, Percaya apa enggak, nunggu BUMN itu emang lama banget, dan petro salah satunya. Pengumuman hasil psikotes dan wawancara baru keluar akhir Februari 2016, 2 bulan dari tes yang ada, dan hasilnya? Saya lolos, tapi saya tidak bisa datang karena sudah keburu berangkat ke korea. Tapi yaudah mau gimana lagi,kudu ikhlas :"

Kalau lolos ini sebenernya akan ke medical dan user interview di Gresik, ada 20-an yang lolos pada tahap ini se-IndonesiaKalau lolos lagi akan lanjut ke  Wawancara Direksi.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

안녕 하세요 감사합니다
Mannaseo pangapseumnida