Skip to main content

ANTI CORRUPTION YOUTH CAMP



Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggembleng 67 pemuda yang berasal dari 42 komunitas dan organisasi kepemudaan di 17 kota/kabupaten dengan semangat dan karakter antikorupsi. Mengusung tema “Energi Muda Desa untuk Negeri”, kegiatan Anti-corruption youth camp ke-3 ini, digelar pada 18-28 oktober 2016 di Gapang Resort, Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Para peserta merupakan generasi muda terpilih yang telah lolos seleksi. Selain menulis esai bertema “Peran Pemuda Membangun Negeri”, sepak terjang dan rekam jejak calon peserta dalam kegiatan volunterisme di tengah masyarakat juga diteliti sebagai dasar pertimbangan kesertaan mereka dalam kegiatan ini.

Menurut Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, pelibatan masyarakat dalam perubahan sosial, dilakukan pada setiap segmen, tak terkecuali generasi muda yang dipercaya memiliki kekuatan tersendiri. “Karenanya, kekuatan itu juga harus digunakan dalam perjuangan memberantas korupsi,” kata Saut dalam pembukaan kegiatan tersebut kemarin.

KPK mendorong generasi muda agar terlibat dalam volunterisme dan aktivisme untuk melawan korupsi. Dari kegiatan ini, diharapkan penanaman nilai-nilai antikorupsi bisa dilakukan secara intensif dengan cara kreatif dan popular dengan keseharian anak muda masa kini.

“Pendidikan antikorupsi harus berujung pada tumbuhnya pengetahuan, kesadaran dan sikap nyata untuk melawan korupsi sebagai musuh bersama,” katanya. Di sini, para pemuda akan digembleng dalam tiga tahapan kegiatan. Pertama, tahap penyemaian, dimana para peserta dibekali berbagai materi antikorupsi dari para tokoh yang memiliki pengalaman dalam melakukan perubahan sosial.

Pada tahap kedua, kegiatan akan difokuskan pada konsep berakar, maksudnya para pemuda akan tinggal bersama penduduk untuk melakukan intervensi sosial dengan mempraktikkan konsep yang telah disusun pada tahap sebelumnya.

Kemudian, para peserta akan dibagi dalam empat kelompok besar untuk ditempatkan di empat gampong, yakni Gampong Cot Bau, Gampong Aneuk Laot, Gampong Iboih dan Gampong Jaboi.

Di sini, mereka akan ditantang untuk menyelesaikan persoalan sosial yang ada, sekaligus membangun kesadaran kolektif seluruh masyarakat gampong dan meletakkan dasar agar bisa dilanjutkan oleh pemuda setempat secara mandiri

Sedangkan pada tahap terakhir, kegiatan akan difokuskan pada konsep bertumbuh, dimana para peserta akan saling berbagi pengalaman yang dihadapi selama menetap di gampong masing-masing. Pada tahap ini pula, mereka diharapkan dapat membangun jejaring dan sinergi yang lebih solid dalam merencanakan program perbaikan di daerah asal mereka.

Puncak kegiatan Youth Camp kali ini diselenggarakan bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2016, dimana sebuah pentas budaya akan dirancang dan dipentaskan dengan melibatkan masyarakat yang lebih luas.

Pada acara itu, para peserta akan mendeklarasikan “Janji Antikorupsi” dan membuat prasasti sebagai bukti komitmen kaum muda untuk melakukan perubahan sosial untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan terbebas dari korupsi.

Sebelumnya, kegiatan Anti-Corruption Youth Camp digelar pada 2012 di Bandung dan pada 2015 di Yogyakarta. Usai kegiatan, para alumni Anti-Corruption Youth Camp diwadahi dalam forum “Angkatan Perubahan”, dimana mereka akan didorong untuk menjalankan program sosial di daerah asal.

Misalnya Daud Kawung dari Manado yang aktif melakukan kampanye dan pendidikan antikorupsi ke sekolah-sekolah di pelosok Sulawesi Utara. Ada pula Yan Saroh dari Jombang yang menginisasi bank sampah untuk mengatasi masalah lingkungan dan pendidikan.

Di samping proyek sosial mandiri, para alumni Angkatan Perubahan juga melakukan kampanye kreatif untuk mengatasi persoalan generasi muda, seperti tawuran, penyalahgunaan narkoba atau seks bebas. Caranya, dengan menerjemahkan makna Pancasila ke dalam karya seni berupa lagu dan dongeng.

Lagu pertama yang mewakili sila pertama Pancasila bertajuk “Yang Maha Esa”, telah diluncurkan pada 1 Oktober lalu. Rencananya, tiga lagu dan satu karya dongeng akan dituntaskan menjadi sebuah album “Pesan Damai” untuk menjadi amunisi para pemuda dalam menyebarkan pesan antikorupsi.

Kegiatan ini merupakan ajang untuk menyinergikan komunitas dan organisasi kepemudaan di masyarakat untuk berkolaborasi aktif dalam melakukan perubahan sosial, termasuk dalam isu pemberantasan korupsi. Ini semua dilakukan dengan satu semangat, bahwa partisipasi masyarakat merupakan katalisator untuk mewujudkan perubahan sosial yang lebih baik.

Comments

Popular posts from this blog

TEST DI PT PETROKIMIA GRESIK

Siapa yang belum tau Petrokimia Gresik? Petrokimia Gresik adalah salah satu perusahaan yang berlokasi di Gresik kota Industri, BUMN dan masa depan terjamin, top. Tapi ya masuknya tentu saja tidak gampang, hehe.

Petrokimia ini buka sekitar bulan November 2015, kita isi biodata kita di web nya dan lengkapin berkasnya, kalo lolos seleksi berkas akan diundang untuk tes Akademik. Saya mengambil lokasi tes di Universitas Brawijaya, Malang tempat saya menimba ilmu selama 3 tahun 4 bulan hehe. Sebetulnya saya ikut cuman menambah pengalaman saja karena saya mendapat beasiswa S2 KGSP di Korea, jadi sambil menunggu berangkat saya ikut mendaftar kerja buat nambah pengalaman, ini rangkaian tahapan seleksinya 




Tes Akademik

Tes akademik ini isinya adalah soal seputar Pertanian, banyak soal tentang biokimia dan fisiologi tanaman, ada beberapa soal teori yang sangat dasar, masih berhubungan dengan pupuk-pupuk dan ada juga hitungan yang kalo disodorin soalnya sekarang juga saya tidak yakin bisa ngerjain. …

TES DI PT. PETROSIDA GRESIK

Hallo kali ini saya ingin berbagi pengalaman mendaftar di PT. Petrosida Gresik yang mana anak perusahaan dari PT. Petrokimia Gresik. Suatu ketika di groub angkatan HPT jurusan selama kuliah S1 di University of Brawijaya, tiba tiba teman ku sekelas ngasih informasi kalau Petrosida lagi recruitment, dia ngasih informasi kalau recruitment dilakukan online banyak upload Surat keterangan sehat, CV atau curriculum vitae, Scan ijazah, scan transcript nilai, Toefl atau kemampuan bahasa inggris minimal 450, Akreditasi kampus minimal A.
Waktu itu aku tidak tertarik karna masih on fire di kementerian dan lagi nyusun conference buat thesis saya di Korea hehe. Kebetulan saya mendapat beasiswa KGSP atau Korean Government Scholarship Programme dari pemerintah Korea, tidak terikat sih kalau sudah lulus kembali ke Indonesia silahkan kalau mau bekerja di Korea di fasilitasi, pengenya sih kerja di Luar negeri karna culture nya enak banget, orangnya profesional dan sangat menghargai waktu. Tapi orang tua …

MENDAFTAR BEASISWA BELANDA

Berbekal informasi dari teman, aku cari-cari lagi lebih mendalam segala informasi tentang S3 di Belanda. Setelah baca dan memilah-milah banyak website, artikel, akhirnya aku melabuhkan pilihan ke Wageningen University and Research (WUR) program Environmental Sciences.

Untuk beasiswa S3 ke belanda ada beberapa pilihan, diantaranya Netherlands Fellowship Programmes (NFP) dan Stuned. Tapi kedua beasiswa tersebut mengharuskan si pendaftar untuk mendapat LoA dari salah satu universitas di Belanda.

Selanjutnya. saya segera menyiapkan berkas untuk mendaftar ke WUR di sela-sela mempersiapkan berkas-berkas untuk Hungaria. Sebetulnya waktu pendaftaran yang diberikan oleh pihak universitas cukup panjang, namun waktu pendaftaran dibatasi bagi pendaftar yang ingin mendaftar beasiswa, terutama beasiswa NFP yang terlebih dahulu harus mendapat semacam invitation dari WUR untuk mendaftar beasiswa tersebut.

Dokumen yang dibutuhkan memang ternyata sedikit ribet. tidak butuh surat rekomendasi maupun proposa…

AUSTRALIA AWARDS SCHOLARSHIP (AAS)

Tulisan ini merupakan pengalaman pribadi dalam menembus beasiswa Australia Awards Scholarship. Saat ini saya sedang bekerja di Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional Republik Indonesia, yah saya sangat menikmati bekerja disini dan banyak ilmu dan pengalaman yang didapat tapi pada dasarnya saya dari SMA pengen bisa bekerja di Industry tapi saat itu belum dibuka recruitment calon pegawai yasudah saya di kementerian hehe. 

Sebetulnya habis lulus kuliah S1 saya binggung mau melanjutkan Master Degree atau Bekerja dahulu, dan ada kesempatan mendapat beasiswa KGSP dari pemerintah Korea Selatan.  Hasrat untuk sekolah di Luar Negeri sebetulnya masih sangat besar tapi banyak alasan mengapa saya harus tetap menetap sementara waktu di Indonesia untuk saat ini hehe.

Saya telah mendapatkan Unconditional LoA (Letter of Acceptance) dari The Australian National University, Auckland University of Technology, University of Adelaide. Karna jadwal nya berbarengan sama Beasiswa StuNed maka saya juga…

StuNed Scholarships - Study in Holland

Kali ini saya akan berbagi pengalaman mendaftar Beasiswa StuNed saat saya melakukan laporan penelitian di Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional beberapa teman lagi ngomongin beasiswa ini, saya tidak tertarik sih awalnya karena lagi onfire di kementerian hehe, tapi karena akan ada pengangkatan eselon dan salah satu syaratnya sudah berpengalaman tentunya,

selain itu harus minimal Master atau Doctoral maka saya iseng mencoba mendaftar StuNed {lagian pendaftaranya online dan tidak ada interviewnya jadi tidak menyita banyak waktu tinggal summit berkas "beres" habis itu tinggal tunggu pengumuman intinya pendaftaran hanya melihat berkas dan prestasi /pengalaman pendaftar} pendaftaran dibuka setiap tahun, setiap tanggal 1 April batas pendaftaran dan dibuka mulai 5 February kalau tidak salah. perlu diingat bahwa intake kuliah untuk beasiswa ini Antara bulan agustus sampai november ditahun yang sama dan hanya di kampus Netherlands atau Belanda saja karena beasiswa ini dari p…

TES PSIKOLOGI BAUM TEST

Tulisan ini di buat untuk membantu teman-teman yang sedang kebingungan ketika akan menghadapi tes psikologi, khususnya tes menggambar pohon (BAUM Test). Jujur, penulis sering ditanyai oleh teman tentang bagaimana seharusnya menggambar pohon ketika tes psikologi? Pohon apa yang sebaiknya di gambar? Apakah ada perbedaan penilaian antara tes menggambar pohon ketika masuk sekolah/ kuliah dengan masuk kerja? Nah. Kali ini penulis mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut melalu tulisan ini. Silahkan di cermati baik-baik ya....

BAUM Test merupakan alat ukur psikologi. Fungsi dari BAUM Test ini sendiri pada umumnya terdiri dari 2, pertama untuk keperluan industri (seleksi kerja) dan yang kedua klinis, biasanya digunakan untuk mendiagnosa permasalahan psikologi (asesmen psikologi). Di awali oleh Goodenough pada tahun 1926 yang mengembangkan suatu prosedur yang terstandarisasi untuk mengevaluasi inteligensi anak-anak, di awali dengan menggambar seorang manusia (draw a man). Kemudian…

MENGAPA HARUS MAPRES ?

Beberapa waktu belakangan saya mendapat beberapa pertanyaan dan juga diundang ke beberapa sesi atau seminar untuk sharing tentang kompetisi Mapres (Mahasiswa Berprestasi), tentang manajemen waktu, kiat presentasi ilmiah dan hal terkait mapres lainnya. Pada saat yang bersamaan, karena sudah mulai bekerja full-time di kementerian, tidak semua sesi sharing yang bisa saya datangi, terutama pada hari kerja.
Mungkin ada yang pernah menyentil bahwa orang yang ikut Mapres adalah orang yang `ambi` (walau saya sering gagal mengerti kenapa kata ambi atau ambisius sering memiliki konotasi negatif bagi banyak orang Indonesia setidaknya yang saya temui) dan seolah tidak peduli akan lingkungan. Padahal kata Ambisius sendiri (Menurut KBBI) berarti berkeinginan keras untuk mencapai suatu cita-cita atau harapan. Tidak ada elemen kekerasan atau pelanggaran terhadap hak orang lain dalam kata yang disebut ambisius. Klik disini

Karena itulah, tulisan ini saya tulis untuk berbagi pengalaman dan perspektif ten…