Friday, June 30, 2017

Developing Solutions for Developing Countries (DSDC)


DUA TIM MAHASISWA TEKNOLOGI PANGAN IPB BERHASIL MENJADI JUARA DI AJANG KOMPETISI INTERNASIONAL (DSDC) DI LAS VEGAS, AMERIKA SERIKAT
Las Vegas, 27 Juni 2017
Developing Solutions for Developing Countries (DSDC) merupakan kompetisi internasional tahunan yang diselenggarakan oleh Institute of Food Technologists Student Association (IFTSA) bersamaan dengan penyelenggaraan Annual International Conference and Food Expo oleh Institute of Food Technologists (IFT) Amerika Serikat. Ajang internasional ini dihadiri oleh ribuan peneliti, akademisi, mahasiswa, pengusaha, dan masyarakat ilmiah internasional dari lebih dari 75 negara. IFT sendiri merupakan himpunan profesi di Amerika Serikat yang beranggotakan para ahli ilmu dan teknologi pangan dari seluruh dunia.

Kompetisi DSDC bertujuan untuk menggali kreativitas mahasiswa sarjana dan pascasarjana dalam menerapkan prinsip ilmu dan teknologi pangan untuk pengembangan produk pangan baru dalam rangka menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat di negara berkembang, khususnya yang terkait dengan pangan, gizi dan kesehatan. DSDC tahun 2017 merupakan yang ke-9 dengan mengangkat tema “Pengembangan Produk Pangan Baru dengan Memanfaatkan Produk Samping dari Kacang Tanah”.
DSDC diikuti oleh kelompok mahasiswa dari universitas di dalam dan luar Amerika Serikat, yang proses seleksinya dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pre-proposal dan tahap full proposal. Di tahap pertama, tim juri menyeleksi sebanyak 40 pre-proposal yang dikirimkan oleh tim mahasiswa dari berbagai universitas. Penilaian didasarkan pada beberapa kriteria, yaitu konsep produk pangan yang dikembangkan, originalitas, technical problem solving, aspek mutu dan keamanan pangan, kelayakannya untuk diterapkan pada skala industri khususnya di negara berkembang, dan dampak ekonomi dan sosialnya. Tim juri menyeleksi enam kelompok sebagai finalis untuk melakukan penelitian dan menulis full proposal. Enam kelompok yang terpilih adalah sebagai berikut:
1. Chinut (Institut Pertanian Bogor): Olivia Mellyana Tjiptoputri, Sylvia Indriani, Muhammad Anwari Sugiharto (Mahasiswa Teknologi Pangan)
2. Guini (Universidad de Costa Rica): Stephanie Araya, Tatiana Fuentes, Ana Ligia Vargas, Mariana Wilson
3. Nutles (University of Wisconsin-Madison): Meichen Pan, Fang Tham, Vanessa Aileen, Stephanie Chen, Amanda Krueger, Abigail Krentz, Kory Anderson
4. Pikin Mix (California Polytechnic State University, San Luis Obispo): Kaylie Lemon, Tara Egigian, Andrew Breece, Anissa Lee)
5. P-Noodl (Institut Pertanian Bogor): I Dewa Gede Agung Sastrawan Negara Putra, Gita Giantina, Indra Purnomo (Mahasiswa Teknologi Pangan)
6. PeRoti (Wageningen University): Max Wijkamp, Saffiera Kerleen

Ajang final dilaksanakan pada hari Selasa 27 Juni 2017 di Sands Expo, Las Vegas dengan Ketua Janam Pandya (University of Massachusetts Amherst) dan tim juri dari perwakilan industri pangan, yaitu Diliara Iassonova (Food Service & Innovation, Lead, Oils & Shortening R&D, Cargill), Janice Johnson (Application/Technical Service Leader, Cargill), Siow Ying Tan (Principal Scientist, PepsiCo), Shintaro Pang (R&D Scientist, General Mills), Sarah Scholl (Bakery Application Manager, Tate & Lyle), Kathryn Kitchen (Associate Food Scientist, Tate & Lyle), dan Upasana Hariram (Research Project Leader, Merieux Nutrisciences).
Berdasarkan hasil penilaian full proposal, presentasi oral dan sesi tanya jawab dengan tim juri, terpilih tiga kelompok sebagai pemenang, yaitu: 
1. Juara 1: Guini, Universidad de Costa Rica
2. Juara 2: P-Noodl, Institut Pertanian Bogor
3. Juara 3: Chinut, Institut Pertanian Bogor

Selamat kepada kedua Tim IPB yang telah mengukir prestasi internasional dan membawa harum IPB dan Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan di kancah internasional. Terima kasih kepada para dosen pembimbing (Dr. Adil Basuki Ahza, Dr. Nancy Dewi Yuliana, Dr. Azis Boing Sitanggang, Uswatun hasanah,MSi, Dr. Nugraha E Suyatma, Dr. Feri Kusnandar) dan seluruh dosen di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan yang telah mendukung kedua tim. Terima kasih juga kepada para sponsor yang mendukung Tim IPB untuk berangkat ke Las Vegas (Ditmawa IPB, PT Indofood Sukses Makmur, Rich’s, Chandra Asri Petrochemical, PT Nippon Indosari Corpindo, dan PT Kalbe Nutritionals).
Share: