Saturday, May 27, 2017

Tes Psikologi Menggambar Pohon (Baum Test)

Tulisan ini di buat untuk membantu teman-teman yang sedang kebingungan ketika akan menghadapi tes psikologi, khususnya tes menggambar pohon (BAUM Test). Jujur, penulis sering ditanyai oleh teman tentang bagaimana seharusnya menggambar pohon ketika tes psikologi? Pohon apa yang sebaiknya di gambar? Apakah ada perbedaan penilaian antara tes menggambar pohon ketika masuk sekolah/ kuliah dengan masuk kerja? Nah. Kali ini penulis mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut melalu tulisan ini. Silahkan di cermati baik-baik ya....
BAUM Test merupakan alat ukur psikologi. Fungsi dari BAUM Test ini sendiri pada umumnya terdiri dari 2, pertama untuk keperluan industri (seleksi kerja) dan yang kedua klinis, biasanya digunakan untuk mendiagnosa permasalahan psikologi (asesmen psikologi). Di awali oleh Goodenough pada tahun 1926 yang mengembangkan suatu prosedur yang terstandarisasi untuk mengevaluasi inteligensi anak-anak, di awali dengan menggambar seorang manusia (draw a man). Kemudian pada waktu yang bersamaan, Emil Jucker juga mengembangkan suatu metode yang terarah, yaitu tes menggambar pohon (BAUM Test). Tes ini kemudian dielaborasi lebih lanjut oleh Charles Koch (1952-1957). Jucker mengatakan bahwa Pohon itu memiliki karakteristik yang hampir sama seperti manusia. Pohon selalu tumbuh dan berkembang untuk hidup, juga membutuhkan asupan makanan layaknya manusia.
BAGAIMANA TES TERSEBUT DI LAKUKAN?
Untuk mengerjakan tes tersebut kalian cukup membutuhkan satu buah pensil dan kertas yang biasanya akan di berikan oleh tester. Kalian cukup menggambar pohon dengan tenang, usahakan relax. Sebelum tes di mulai, tester biasanya akan memberikan instruksi seperti berikut :
“Mohon perhatian kepada saudara-saudara sekalian. Silahkan tulis identitas kalian berupa nama lengkap, tanggal lahir dan tanggal hari ini di kertas kosong yang telah di berikan (tester sambil  menunjukkan kertas dengan posisi kertas potret). Jika sudah selesai, letakkan alat tulis saudara dan perhatikan ke depan. Sekarang balik kertas Saudara seperti ini (sambil menunjukkan kepada testee) sehingga saudara menghadapi halaman yang seluruhnya kosong.
Perhatikan!
Seluruh halaman ini sekarang adalah milik saudara (tester menunjukkan seluruh halaman yang kosong).
Tugas Saudara adalah MENGGAMBAR POHON!
Sumber : http://tespsikotes.com/gambar-pohon-tes-psikotes/
Jenis pohon yang tidak boleh digambar adalah jenis rumput, pisang, bambu, kelapa, cemara, pepaya, kaktus, dan perdu. Jadi gambarlah pohon yang lainnya.
Saudara hanya boleh menggunakan pensil yang kami pinjamkan.
Waktu pengerjaan adalah 10 menit
Apakah ada pertanyaan?
Jika tidak ada, ambillah pensil saudara dan silakan mulai menggambar SEKARANG!”
SEBAIKNYA JENIS POHON APA YANG DI GAMBAR? AGAR BISA LULUS TES
Tidak ada istilah salah atau benar dalam pengerjaan BAUM Test. Setiap garisan, tebal tipis tulisan,  tekanan serta objek detail yang digambar memilki karakteristik tersendiri. Sehingga lulus atau tidaknya anda ketika mengikuti tes seleksi kerja atau masuk sekolah/ kuliah sangat bergantung kepada karakteristik yang di butuhkan oleh perusahaan/ sekolah/ kampus tersebut. Semua perusahaan tentu ingin karyawannya “the right man on the right place” . Itulah fungsinya BAUM Test di lakukan, untuk memetakan serta mencari kecocokan pencari kerja dengan posisi pekerjaan yang dibutuhkan. 
Namun ada beberapa kecenderungan interpretasi umum yang dapat anda jadikan referensi sebagai pertimbangan untuk menggambar pohon :
1. Pohon yang digambar terletak di bagian mana?
- Di tengah kertas
Anda praktis dan rendah hati, dengan memilih menggambar di bagian tengah menunjukkan bahwa anda memilih pendekatan jalan tengah dalam menangani masalah dan mengharapkan yang terbaik dan membayangkan yang terburuk dalam membuat keputusan, dengan cara ini menunjukkan anda siap dengan apapun yang terjadi.
- Di bagian bawah kertas
Anda lebih suka melakukan riset terlebih dulu sebelum membuat keputusan, dan dalam memutuskan sesuatu anda terlebih dahulu mempertimbangkan rasa yakin atau pesimistik akan sebuah keputusan atau solusi. Menggambar di bagian bawah dari pertengahan halaman melambangkan pendekatan hidup yang lebih membumi.
- Tinggi di bagian atas kertas
Anda memilih melihat hikmah dari semua masalah. Semakin tinggi letak pohon yang digambar  akan menunjukkan sikap anda yang semakin tinggi dalam memandang hidup. Kendati yang terjadi dalam kehidupan tidak seperti yang anda inginkan, anda memandangnya sebagai pengalaman pembelajaran, dan menarik hikmah penting dari setiap masalah atau persoalan.
2. Batang pohon seperti apa yang anda gambar ?
- Lebar
Batang pohon melambangkan kekuatan emosional, batang lebar berarti anda bisa tetap tenang dan tidak mudah marah, dan pendirian anda juga sangat kuat. Ketika ada masalah anda dianggap bisa tenang.
- Ramping
Anda fleksibel dan terbuka dengan pandangan-pandangan atau pendapat orang lain. Anda juga sensitif dan banyak empati untuk masalah orang lain.
- Pohon bercabang di puncak
Anda terpecah di antara beberapa pilihan hidup saat ini
3. Berapa tinggi pohon yang anda gambar ?
- Lebih dari setengah tinggi kertas
Menggambar pohon lebih tinggi menunjukkan hasrat untuk mencapai prestasi yang tinggi dalam hidup dan dermawan dalam uang. Dalam bekerja anda teliti, seksama serta mencek ulang setiap pekerjaan untuk memastikan hasil yang baik.
- Tinggi pohon kurang dari setengah tinggi kertas
Anda puas dengan hidup ini apa adanya, hemat dan sangat efisien.
4. Pohon yang digambar terletak di mana ?
- Di tanah
Anda mendambakan rasa aman dan stabilitas. Anda menyukai kehidupan keluarga, dan menyukai suatu pekerjaan yang dianggap mampu member kenyamanan dan bisa bertahan dalam jangkan waktu yang panjang.
- Di pot
Anda menyukai pekerjaan yang sangat sibuk sepanjang waktu, senang berpergian dan bertualang, serta mengenal orang-orang baru dan tempat-tempat baru.
- Di puncak gunung
Anda mendambakan perhatian dan senang menjadi pusat perhatian. Anda adalah entertainer alamiah dan komunikator ulung yang membuat orang tertarik pada anda.
- Melayang di awang-awang atau tidak ada dasarnya
Anda impulsif dan spontan, mudah menjadi senang jika sesuatu mengilhami anda.
- Di pulau
Anda memerlukan banyak waktu untuk menyendiri untuk mengisi ulang energi anda, menyendiri dibutuhkan untuk membantu menemukan solusi dari masalah.
5. Apakah pohon yang digambar mempunyai dahan ?
- Ya
Anda adalah orang yang berorientasi pada otak kiri. Dalam survei-survei, dahan-dahan digambar oleh orang yang logis dan analitis. Anda jarang kehilangan kesabaran karena anda terlalu sibuk memikirkan solusi rasional untuk semua masalah yang muncul.
- Tidak
Jika anda hanya menggambar kerangka dasar pohon, berarti anda dikuasai oleh otak kanan yang intuitif. Anda mengikuti instink-instink anda dalam segala sesuatu, mulai dari menerima pekerjaan sampai berteman dengan orang baru.
6. Pohon yang digambar condong ke arah mana ?
- Ke kiri
Anda cenderung memendam apa yang anda pikirkan. Sikap anda konsevatif dan introvert. Anda tidak menyukai guncangan-guncangan . Meskipun anda tidak setuju anda akan menyimpannya untuk diri sendiri.
- Ke kanan
Anda berorientasi pada aksi.anda akan mengatakan apa yang anda pikirkan kendatipun bertentangan dengan pandangan-pandangan orang lain.
- Lurus
Anda berada di tengah antara memendam perasaan-perasaan anda dan mengungkapkannya. Jadi anda cenderung memilih perang dengan diri anda. Anda akan bicara hanya jika masalah itu benar-benar penting untuk anda.
Sumber : http://poetrasoeloeng.blogspot.co.id/2014/03/contoh-interpretasi-tes-grafis-wartegg.html
TAMBAHAN TIPS !!!
1. Mempersiapakan alat tulis (pensil, rautan pensil & penghapus) dari rumah, untuk jaga-jaga jika alat tulis tidak di sediakan
2. Perhatikan dengan seksama instruksi dari tester
3. Gambarlah pohon dengan detail dan rinci setiap bagiannya seperti tangkai, bentuk daun, kerapatan daun, buah, akar, maupun alur pohon.
4. Meski waktu yang diberikan amat terbatas, sebaiknya tes dilakukan dengan tetap tenang dan cermat.
5. Sebelum melaksanakan tes, kalian dapat berlatih di rumah dengan memfoto sebuah pohon yang diinginkan, mempelajari karakter pohon tersebut, berikutnya berlatih menggambar dengan acuan foto tersebut
Share:

0 komentar:

Post a Comment

안녕 하세요 감사합니다
Mannaseo pangapseumnida