Tuesday, April 25, 2017

Prosedur Mengurus Pembaharuan Akte Kelahiran Dual Bahasa di Dinas Kependudukan/Dispenduk


Lokasi Dinas Kependudukan Kabupaten Banyuwangi

Datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi Dilantai dasar langsung isi buku tamu dan menjelaskan untuk keperluan apa. Ambil nomer antrian, utk pembaruan akte kelahiran di loket 1. Dokumen yang harus dipersiapkan:
  • copy akte kelahiran beserta aslinya (aslinya akan diambil)
  • copy kartu keluarga
  • copy buku nikah orang tua
  • Copy KTP pribadi
  • copy KTP orang tua
  • copy ijasah SD, SMP,SMA, Perguruan Tinggi (dari awal sampai akhir)
  • materai (siapkan lebih)
  • surat kuasa ditandatangani diatas materai (jika prosesnya diwakilkan)
Datang ke loket 1, serahkan semua dokumen yang kita sudah persiapkan. Petugas akan langsung cek kelengkapan dokumen kita dan kita akan diberikan formulir yang harus diisi dan ditempelkan materai disurat pernyataannya.

Ruang pendaftaran dan pengambilan nomor antrian

Antrian mulai panjang hiks

Petugas akan cek akte kelahiran kita dibagian arsip. Petugas akan memanggil nama kita setelah pengecekan selesai. Setelah itu kita kan diberikan tanda terima (sebagai bukti pengambilan akte kelahiran). Petugas akan menginformasikan berapa lama akte kelahiran bisa diambil, aku kmrn 10 hari kerja. Di form tersebut akan dicantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi untuk follow up ke Dinas Kependudukan.

Pendataan dan mengecekan arsip akta


Petugas mencari arsip akta hehe

Berdasarkan pengalaman saya, saya sendiri yang aktif menelpon ke Dinas Kependudukan untuk cek kapan akte saya bisa diambil. Setelah dapat di konfirmasi baru lah saya datang kesana. Jika ada yang memerlukan untuk legalisir prosesnya sama, isi form ini dan bisa ditunggu hari itu juga. Di ruang tunggu ini juga ada tukang foto copy per lembarnya Rp. 100,- . Dari proses awal sampai akhir tidak dikenakan biaya = GRATIS. Petugasnya juga sangat membantu. Secara keseluruhan kinerja petugas di Dinas Kependudukan Banyuwangi sudah bagus. Akta dual Bahasa akan jadi dalam 10 hari kerja.



Share:

0 komentar:

Post a Comment

안녕 하세요 감사합니다
Mannaseo pangapseumnida