Skip to main content

Duta Muda ASEAN-INDONESIA 2017







Pemilihan Duta Muda ASEAN-Indonesia (PDMAI) bertujuan untuk mencari sosok pemuda dan pemudi Indonesia yang yang memiliki wawasan mengenai ASEAN dan perkembangan kawasan, serta mampu mempromosikan dan mendekatkan ASEAN kepada masyarakat luas, khususnya generasi muda di tanah air. Jadi untuk kamu yang berusia antara 18-25 tahun, memiliki pengetahuan mengenai ASEAN, percaya diri, berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik, serta bersemangat mempromosikan ASEAN, ayo ikuti  Pemilihan Duta Muda ASEAN-Indonesia 2017.
Langkah pertama yang kamu harus lakukan adalah membuat esai menarik mengenai salah satu tema yang ditentukan, dalam 800 - 1000 kata. Jika esaimu terpilih, kamu akan melaju ke Tahap selanjutnya. Pada Tahap kedua, kamu diminta membuat video message dengan durasi 1-2 menit mengenai tema yang ditentukan nanti oleh penyelenggara. Jika terpilih, kamu akan melaju ke Tahap selanjutnya yakni Final. Pada tahap kedua ini, akan dipilih juga Duta Muda ASEAN – Indonesia Tingkat Provinsi (dari masing-masing Provinsi, akan dipilih 1 orang Duta Muda), yang akan mendapat surat endorsement dan sertifikat sebagai Duta Muda ASEAN tingkat provinsi. Namun, Duta Muda ASEAN tingkat provinsi tidak akan mengikuti Final di Jakarta. Pada Tahap Final, 10 orang finalis akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti beberapa program pengenalan ASEAN dan akan diminta melakukan public speaking serta open interview di muka publik. Akan dipilih Dua (2) Duta Muda ASEAN-Indonesia (tingkat nasional) sebagai pemenang. Hadiah sebagagai pemenangnya antara lain:

Duta Muda ASEAN-Indonesia (tingkat nasional):

  • Hadiah Uang Tunai, masing-masing Rp5,000,000,- (lima juta rupiah).
  • Kesempatan mewakili Indonesia dalam berbagai kegiatan Ditjen Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri.

Duta Muda ASEAN-Indonesia (tingkat provinsi):
  • Surat endorsement dari Dirjen Kerja Sama ASEAN.
  • Sertifikat sebagai Duta Muda ASEAN – Indonesia tingkat provinsi.
  • Kesempatan untuk dilibatkan dalam berbagai kegiatan Ditjen Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri, khususnya di provinsi/kota dimana Duta ASEAN berdomisli.
  • Bundle info mengenai ASEAN.

PERSYARATAN :
  • Pelajar, mahasiswa atau pemuda/i Warga Negara Indonesia.
  • Usia 18 - 25 tahun (per 1 Mei 2017).
  • Memiliki pengetahuan dasar yang baik mengenai ASEAN.
  • Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dan Inggris atau bahasa asing lainnya yang baik.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, keaktifan pada media sosial akan menjadi nilai tambah.
  • Bersedia mengikuti seluruh rangkaian proses seleksi yang ditetapkan Penyelenggara dan mematuhi aturan PDMAI 2017.

TAHAPAN PDMAI 2017 :
Tahap I: (Penulisan Esai)
Pada tahap ini peserta diminta untuk menyampaikan tulisan dalam bentuk esai. Esai-esai terbaik akan melaju ke Tahap II berikutnya.



Ketentuan penulisan esai:
  • Esai ditulis dalam bahasa Indonesia.
  • Esai membahas mengenai salah satu tema di bawah ini : 'Jika Aku adalah Sekjen ASEAN, …' dan 'Sebagai pemuda ASEAN, apa arti ASEAN untukmu dan apa harapan kamu dari ASEAN?'
  • Esai asli, belum pernah dipublikasikan atau diikutkan dalam perlombaan lainnya.
  • Ditulis dalam 800 - 1000 kata (jumlah total kata).
  • Esai memuai Ringkasan Singkat (sekitar 100 kata), menggambarkan ide utama esai. Jumlah kata dalam Ringkasan Singkat termasuk total 1000 kata.
  • Font Calibri ukuran 12 dengan spasi 1.5, margin 2cm.
  • Boleh mencantumkan grafik/table.
  • Judul esai diletakkan di awal esai.
  • To the point  (langsung).
  • Terstruktur dengan baik.
  • Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  • Ditulis dalam format WORD (.doc/docx), dan disimpan dengan format PDMAI Esai (NAMA LENGKAP KAMU) (PROVINSI)
  • Cantumkan nama kamu di bawah Judul, di halaman awal.

Tahap II: (Pembuatan Video Message)
Peserta dengan esai terbaik akan melaju ke Tahap kedua dan diminta membuat video message dengan tema yang akan ditentukan kemudian.



Ketentuan pembuatan video message:
  • Video dibuat dengan durasi 1-2 menit.
  • Video message dibuat dalam Bahasa Inggris dengan tema yang akan ditentukan kemudian.
  • Isi pesan dalam video harus ingkat dan jelas. Perhatikan juga suara-suara background yang dapat menggangu.
  • Video di upload melalui Youtube dengan judul: PDMAI 2017 (NAMA KAMU).
  • Video harus dapat diakses oleh publik sampai pengumuman pemenang (Agustus 2017).
  • Link video harus disampaikan ke panitia. 

Pada tahap ini akan dipilih:
  • 10 Orang Finalis (5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan) untuk Duta Muda ASEAN – Indonesia (tingkat nasional), yang akan maju ke Final di Jakarta.
  • Duta Muda ASEAN – Indonesia Tingkat Provinsi, yang akan mendapat surat endorsement dan sertifikat sebagai Duta Muda ASEAN tingkat provinsi. Duta Muda ASEAN tingkat provinsi tidak akan mengikuti Final di Jakarta.

Tahap III
10 orang finalis (5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan) akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti program singkat pengenalan ASEAN dan akan diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan juri, dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris di muka umum. 2 orang Duta Muda (1 pasang, 1 laki-laki dan 1 perempuan) akan dipilih menjadi Pemenang Duta Muda ASEAN-Indonesia.

PENDAFTARAN : 

  • Unduh Formulir PDMAI 2017
  • Lengkapi Formulir dimaksud, beri tanda tangan kamu dan kirim ke e-mail dutamudaasean@kemlu.go.id dengan subjek email: PDMAI – NAMA LENGKAP – ASAL PROVINSI, beserta kelengkapan sebagai berikut:

           - Foto diri (boleh close up, atau seluruh badan) ormat .jpg atau .png dengan ukuran max 1MB.
           - Esai dalam format Word



DEADLINE :
Tahap I :
Batasan Waktu Pendaftaran :  19 Juni 2017



Tahap II :
Batasan Waktu Penyerahan video message :  21 Juli 2017



Tahap III :
Pelaksanaan Final di Jakarta 29 Agustus – 1 September 2017
19 Juni 2017



PENGUMUMAN :
Hasil seleksi Tahap I akan diumumkan pada akhir Juni atau Juli melalui Kementerian Luar Negeri : www.kemlu.go.id dan email masing-masing peserta, beserta info lainnya untuk Tahap II.

PENYELERANGGA :
Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN
Kementerian Luar Negeri
Jl. Pejambon No.6, Gambir – Jakarta Pusat
Telepon: 021-3509052
Fax: 021-3509053
Email: dutamudaasean@kemlu.go.id

SUMBER :

Comments

Popular posts from this blog

StuNed Scholarships - Study in Holland

Kali ini saya akan berbagi pengalaman mendaftar Beasiswa StuNed {Apa itu StuNed? habis ini saya jelaskan} awal mulanya saat saya melakukan laporan penelitian di Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional beberapa teman lagi ngomongin beasiswa ini, saya tidak tertarik sih awalnya karena lagi onfire di kementerian hehe, tapi karena akan ada pengangkatan eselon dan salah satu syaratnya sudah berpengalaman tentunya, selain itu harus minimal Master atau Doctoral maka saya iseng mencoba mendaftar StuNed {lagian pendaftaranya online dan tidak ada interviewnya jadi tidak menyita banyak waktu tinggal summit berkas "beres" habis itu tinggal tunggu pengumuman intinya pendaftaran hanya melihat berkas dan prestasi/pengalaman pendaftar} pendaftaran dibuka setiap tahun, setiap tanggal 1 April batas pendaftaran dan dibuka mulai 5 February kalau tidak salah. perlu diingat bahwa intake kuliah untuk beasiswa ini Antara bulan agustus sampai november ditahun yang sama dan hanya di kampus N…

Australia Awards Scholarship 2017 Shortlisting Result

Tulisan ini merupakan pengalaman pribadi dalam menembus beasiswa Australia Awards Scholarship. Saat ini saya sedang bekerja di Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional Republik Indonesia, yah saya sangat menikmati bekerja disini dan banyak ilmu dan pengalaman yang didapat tapi pada dasarnya saya dari SMA pengen bisa bekerja di Industry tapi saat itu belum dibuka recruitment calon pegawai yasudah saya di kementerian hehe. Sebetulnya habis lulus kuliah S1 saya binggung mau melanjutkan Master Degree atau Bekerja dahulu, dan ada kesempatan mendapat beasiswa KGSP dari pemerintah Korea Selatan setelah beberapa bulan kuliah di negeri ginseng saya mengundurkan diri alasannya Klik Disini Hasrat untuk sekolah di Luar Negeri sebetulnya masih sangat besar tapi banyak alasan mengapa saya harus tetap menetap sementara waktu di Indonesia untuk saat ini hehe. Saya suka iseng-iseng mendaftar beasiswa,  Pada bulan Januari 2017, saya telah mendapatkan Unconditional LoA ( Letter of Acceptance ) …

Pengalaman mendaftar StuNed 2017

Berbekal informasi dari teman, aku cari-cari lagi lebih mendalam segala informasi tentang S2 di Belanda. Setelah baca dan memilah-milih banyak website, artikel, dan blog banyak orang akhirnya aku melabuhkan pilihan ke Wageningen University and Research (WUR) program Environmental Sciences. Untuk beasiswa S2 ke belanda ada beberapa pilihan, diantaranya Netherlands Fellowship Programmes (NFP) dan Stuned. Tapi kedua beasiswa tersebut mengharuskan si pendaftar untuk mendapat LoA dari salah satu universitas di Belanda.
Selanjutnya. aku segera menyiapkan berkas untuk mendaftar ke WUR di sela-sela mempersiapkan berkas-berkas untuk Swedia. Sebetulnya waktu pendaftaran yang diberikan oleh pihak univ cukup panjang, namun waktu pendaftaran dibatasi bagi pendaftar yang ingin mendaftar beasiswa, terutama beasiswa NFP yang terlebih dahulu harus mendapat semacam invitation dari WUR (setelah mendapatkan LoA) untuk mendaftar beasiswa tersebut. Dokumen yang dibutuhkan memang ternyata gak ribet. Ga butuh…