Skip to main content

Beasiswa Pemerintah Japan Monbukagakusho 2017 インドネシア日本国大使館



Program ini ditujukan untuk mereka yang berminat dalam program research student di perguruan tinggi di Jepang.
Pada saat menjalani masa research student, peminat diperbolehkan melamar ke program degree (S-2 / S-3 / professional graduate course) atau meneruskan program S-3 setelah menyelesaikan program S-2 / professional graduate course, apabila lulus seleksi tes ujian yang diberikan oleh universitas yang bersangkutan.
Peminat juga dapat langsung masuk ke program degree tanpa mengikuti research student apabila telah mendapatkan izin dari universitas yang bersangkutan. Beasiswa diberikan tanpa ikatan dinas, mencakup 100% biaya kuliah, biaya tunjangan hidup (kurang lebih ¥143.000 per bulan), dan tiket pesawat pp.

PERSYARATAN
  1. Lahir pada dan setelah tanggal 2 April 1983.
  2. Diutamakan memiliki IPK akhir minimal 3.2 dari tingkat perguruan tinggi terakhir.
  3. Diutamakan memiliki nilai TOEFL-PBT/ITP minimal 570 atau TOEFL-IBT minimal 80 atau IELTS minimal 6.5, atau nilai Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal Level 2/ N2.
    (TOEIC, TOEFL like & TOEFL prediction tidak dapat digunakan. Sertifikat TOEFL yang dapat digunakan untuk mendaftar adalah terbitan dari ETS.)
  4. Memilih bidang studi yang sama dengan disiplin ilmu sebelumnya.
  5. Bersedia belajar Bahasa Jepang bagi yang tidak menguasai bahasa Jepang.
  6. Sehat jasmani dan rohani. (Pelamar tidak diperbolehkan dalam keadaan hamil pada saat pendaftaran dan selama proses seleksi berlangsung, hingga keberangkatan ke Jepang bagi yang lolos seleksi).
  7. Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/situasi berikut, tidak dapat mendaftar beasiswa program ini. Silakan membaca pada link berikut (klik disini -pdf).

PROSEDUR PELAMARAN
  1. Pendaftaran dibuka pada 26 April 2017 sampai dengan 16 Mei 2017.
  2. Lakukan registrasi secara online melalui website berikut: https://goo.gl/7A4tlx
  3. Setelah melakukan registrasi online, anda akan menerima e-mail konfirmasi. Silahkan printout email tersebut dan harap mengingat "Nomor Ujian" yang diterima.
  4. Isi formulir pendaftaran yang dapat di-download melalui halaman ini.
  5. Lengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan. Daftar dokumen dapat dilihat pada keterangan selanjutnya.
  6. Kirimkan formulir dan dokumen-dokumen yang diperlukan (1 rangkap original dan 4 rangkap foto kopi dari original tersebut) atau dapat diserahkan langsung ke :
          Bagian Informasi dan Kebudayaan
          Kedutaan Besar Jepang
          Jl. M.H. Thamrin No. 24 Jakarta 10350

    ・Cantumkan kode "Research Student 2018" pada kanan atas amplop

    ※ Paling lambat tanggal 16 Mei 2017, berkas sudah harus tiba di Kedutaan Besar Jepang (bukan cap pos).
    ※ Tidak menerima dokumen yang dikirim melalui jasa pengiriman ojek online.

DAFTAR DOKUMEN YANG DIPERLUKAN:
  1. Lembar print-out konfirmasi registrasi online yang berisi“Nomor Ujian” pelamar.
  2. Application Form 2018 (bisa di-download)
    * Pasfoto 3,5 x 4,5 cm (ditempel *bukan di print* pada application form, foto 6 bulan terakhir, formal)
  3. Placement Preference Application Form 2018 (bisa di-download).
  4. Field of Study and Study Program 2018 (bisa di-download)
  5. Fotokopi Transkrip nilai yang dilegalisir (*dalam bahasa Inggris/ Jepang).
  6. Fotokopi Ijazah yang dilegalisir atau Surat Keterangan Lulus (*dalam bahasa Inggris/Jepang).
  7. Surat rekomendasi dari Universitas jenjang pendidikan terakhir (form bisa di-download) *Tidak perlu dimasukkan ke dalam amplop terpisah!*
  8. Surat rekomendasi dari tempat bekerja bagi yang sedang bekerja (form bisa di-download) *Tidak perlu dimasukkan ke dalam amplop terpisah!*
  9. Abstrak penelitian/ skripsi saat jenjang pendidikan terakhir/ sebelumnya (dalam bahasa Inggris)
  10. Foto hasil karya/ rekaman bagi yang memilih bidang seni atau musik
  11. Copy sertifikat dan hasil nilai TOEFL/ IELTS atau JLPT

CATATAN
  • Semua dokumen di atas harus dalam Bahasa Inggris atau Jepang
  • Semua dokumen harus dibuat dalam ukuran kertas A4
  • Semua dokumen harus dibuat sebanyak 5 rangkap (1 rangkap original dan 4 rangkap foto kopi dari original).
    Ke-5 rangkap dokumen tersebut, masing-masing harus disusun sesuai dengan urutan di atas, dan cukup di-klip saja agar tidak tercecer.
    *Jangan di-steples, jangan dijilid, jangan dilubangi*
  • Semua dokumen yang diberikan tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun

※ Tidak perlu melampirkan dokumen yang tidak diminta.


Downloads:
Application Form (.xlsx) 
Placement Preference Application Form (.xlsx) 
Field of Study and Study Program 
Recommendation Form (universitas dan tempat bekerja) 


TAHAP PENYELEKSIAN
  1. Kedutaan Besar Jepang akan melakukan seleksi dokumen dan akan mengumumkan hasilnya pada tanggal 8 Juni 2017 melalui website Kedutaan Besar Jepang, dengan menampilkan “Nomor Ujian” pelamar.
  2. Ujian tertulis Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang akan dilaksanakan di Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar atau Denpasar pada pertengahan bulan Juni 2017. Detail jadwal ujian tulis akan diberitahukan kemudian. (Nilai ujian tulis bahasa yang lebih tinggi akan dipakai untuk pertimbangan seleksi).
  3. Bagi yang lolos seleksi ujian tulis akan lanjut ke tahap berikutnya, yaitu seleksi wawancara. Wawancara akan diadakan di Jakarta pada pertengahan bulan Juli 2017. Detail jadwal wawancara akan diberitahukan kemudian. (Biaya transportasi dan akomodasi tidak disediakan Kedutaan Besar Jepang).
  4. Hasil seleksi wawancara akan diumumkan pada akhir bulan Juli 2017.
  5. Bagi yang lolos seleksi wawancara di Kedubes Jepang akan diberikan surat keterangan sebagai berikut, untuk mencari dan meminta Letter of Acceptance (LOA) dari perguruan tinggi di Jepang:
    1. Formulir beserta dokumen yang telah diberi stamp Kedutaan Besar Jepang
    2. surat pengantar untuk perguruan tinggi di Jepang
    3.     * Pelamar boleh memilih maksimal 3 perguruan tinggi untuk mendapatkan izin penerimaan sebagai mahasiswa program degree atau research student, atau “Letter of Acceptance”(izin penerimaan tidak resmi) sebagai research student.
  6. Harap mengirimkan surat izin atau Letter of Acceptance dari perguruan tinggi di Jepang dalam waktu 1 bulan, ke Kedutaan Besar Jepang.
  7. Kedutaan Besar Jepang akan merekomendasikan peserta ke pihak MEXT (Pemberi beasiswa).
  8. Peserta akan menjadi penerima beasiswa jika lolos seleksi di MEXT.
  9. Pengumuman final akan diumumkan sekitar bulan November – Desember 2017


※ Link soal tes tulis tahun 2014 dan 2015 :
    http://www.studyjapan.go.jp/en/toj/toj0302e-32.html#1 

※ Link pencarian universitas :

Comments

Popular posts from this blog

StuNed Scholarships - Study in Holland

Kali ini saya akan berbagi pengalaman mendaftar Beasiswa StuNed {Apa itu StuNed? habis ini saya jelaskan} awal mulanya saat saya melakukan laporan penelitian di Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional beberapa teman lagi ngomongin beasiswa ini, saya tidak tertarik sih awalnya karena lagi onfire di kementerian hehe, tapi karena akan ada pengangkatan eselon dan salah satu syaratnya sudah berpengalaman tentunya, selain itu harus minimal Master atau Doctoral maka saya iseng mencoba mendaftar StuNed {lagian pendaftaranya online dan tidak ada interviewnya jadi tidak menyita banyak waktu tinggal summit berkas "beres" habis itu tinggal tunggu pengumuman intinya pendaftaran hanya melihat berkas dan prestasi/pengalaman pendaftar} pendaftaran dibuka setiap tahun, setiap tanggal 1 April batas pendaftaran dan dibuka mulai 5 February kalau tidak salah. perlu diingat bahwa intake kuliah untuk beasiswa ini Antara bulan agustus sampai november ditahun yang sama dan hanya di kampus N…

Australia Awards Scholarship 2017 Shortlisting Result

Tulisan ini merupakan pengalaman pribadi dalam menembus beasiswa Australia Awards Scholarship. Saat ini saya sedang bekerja di Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional Republik Indonesia, yah saya sangat menikmati bekerja disini dan banyak ilmu dan pengalaman yang didapat tapi pada dasarnya saya dari SMA pengen bisa bekerja di Industry tapi saat itu belum dibuka recruitment calon pegawai yasudah saya di kementerian hehe. Sebetulnya habis lulus kuliah S1 saya binggung mau melanjutkan Master Degree atau Bekerja dahulu, dan ada kesempatan mendapat beasiswa KGSP dari pemerintah Korea Selatan setelah beberapa bulan kuliah di negeri ginseng saya mengundurkan diri alasannya Klik Disini Hasrat untuk sekolah di Luar Negeri sebetulnya masih sangat besar tapi banyak alasan mengapa saya harus tetap menetap sementara waktu di Indonesia untuk saat ini hehe. Saya suka iseng-iseng mendaftar beasiswa,  Pada bulan Januari 2017, saya telah mendapatkan Unconditional LoA ( Letter of Acceptance ) …

Pengalaman mendaftar StuNed 2017

Berbekal informasi dari teman, aku cari-cari lagi lebih mendalam segala informasi tentang S2 di Belanda. Setelah baca dan memilah-milih banyak website, artikel, dan blog banyak orang akhirnya aku melabuhkan pilihan ke Wageningen University and Research (WUR) program Environmental Sciences. Untuk beasiswa S2 ke belanda ada beberapa pilihan, diantaranya Netherlands Fellowship Programmes (NFP) dan Stuned. Tapi kedua beasiswa tersebut mengharuskan si pendaftar untuk mendapat LoA dari salah satu universitas di Belanda.
Selanjutnya. aku segera menyiapkan berkas untuk mendaftar ke WUR di sela-sela mempersiapkan berkas-berkas untuk Swedia. Sebetulnya waktu pendaftaran yang diberikan oleh pihak univ cukup panjang, namun waktu pendaftaran dibatasi bagi pendaftar yang ingin mendaftar beasiswa, terutama beasiswa NFP yang terlebih dahulu harus mendapat semacam invitation dari WUR (setelah mendapatkan LoA) untuk mendaftar beasiswa tersebut. Dokumen yang dibutuhkan memang ternyata gak ribet. Ga butuh…