Friday, August 26, 2011

Cerita Registrasi Simak UI


 UI Terima 979 Maba dari Tes SIMAK
Haloo gue mau share cerita pas daftar ulang dulu di Universitas Indonesia eventually gue milih Universitas Brawijaya sih karena Beasiswa hehe ini ceritanya Disini gue dulu bener-bener nggak ada bayangan gimana daftar ulang itu. nah sekarang gue mau cerita pengalaman gue pas daftar ulang tuh gimana. hihi.

nggak seperti biasanya gue bangun jauh lebih pagi ( around jam 2) gue langsung mandi segala macem, makan, ngecek-ngecek berkas-berkas dan semua keperluan buat daftar ulang. malem sebelumnya semua udah gue siapin di tas yang gede dan gue buat list di buku saku gue. jadi pagi-pagi tinggal ceklis-ceklis aja yang udah ada di tas. 
Setelah semuanya lengkap jam 6 kurang 15 gue berangkat ke stasiun cikini. gue naik kereta jam 6 lewat 20 dan nyampe UI jam 7 kurang 15. ohya, buat yang naik kereta, turunnya di STASIUN PONDOK CINA ya, setelah stasiun UI kalo dari arah jakarta, setelah stasiun depok baru buat yang dari arah bogor. jangan di stasiun UI-nya. kan daftar ulang di balairung, jadi dari pocin tinggal jalan kaki deh. kalo turun di stasiun UI, harus naik bikun lagi buat ke balairung. nah pas udah nyampe balairung, ini hal-hal yang semustinya dilakukan:

1. Cari Barisan Fakultas
2. Kalo Udah Ketemu, Cari Nama Jurusan Lo Di Aspal-Aspal

Jadi pas gue nyampe balairung tuh udah rame banget. gue langsung nyari Teknik Kimia. pas udah ketemu gue main baris aja di barisan yang paling deket sama gue abis Teknik Kimia banyak banget barisannya. trus gue kenalan sama anak kedokteran namanya Fariz yang juga baris di belakang gue. udah ngobrol lama, dia nanya apa bedanya barisan-barisan di Teknik Kimia. gue bilang aja gatau. trus dia bilang "jangan-jangan ini baris per jurusan" akhirnya gue mikir juga, iya juga yaa haha.. ternyata, gue sama dia baris di barisan Fakultas Ekonomi dan tulisan jurusan itu ada di aspal ditempel dibawah keinjek gue 
langsung deh gue sama dia nengok ke bawah nyari jurusan kita. ketemulah barisan gue. Teknik kimia cuma 26 orang. udah gitu belom banyak dateng. jadi gue baris di depan-depan deh hahahaha 
3. Apalin NPM
4. Selalu Pegang Pulpen

nah ini penting nih karena lo akan selalu nulis-nulis nama npm fakultas dan jurusan. abis baris di barisan jurusan, sebelum masuk ke dalem, kita absen dulu, abis absen nanti dibagiin map gitu suru isi-isi deh. sama ada loket-loket buat di dalemnya. nah baru deh masuk ke dalem balairung. tenang aja, ngantrinya duduk kok. nah pas nganrti gini nih cemilan yang lo bawa sama minumannya serta cemilan yang lo bawa akan sangat berharga hihi. panas sih hihi. nah sekarang pas udah di dalem balairung. tenang aja, lo ngga akan bingung karena semuanya jelas kok harus kemana-mana dulu.

LOKET 1: 
loket pengecekan berkas. kalo lo ada salah data, misal salah nama, bilang aja disini.
LOKET 2: 
loket fitting jakun. lo akan fitting ukuran jakun. jd ngga usah cepet-cepet, bener-bener coba yang nyaman sama lo ukuran mana. nanti lo akan dapet kupon ukuran jakun buat dituker di loket terakhir (gue lupa dapetnya pas ini apa pas ngantri gitu) 
LOKET 3: 
loket ktm (kartu tanda mahasiswa). fotonya pake foto kita pas simak, kalo yg ppkb gatau deh gue hehe, buat yang ngerasa fotonya pas simak ngga oke, bisa foto ulang disana, tapi saran gue, jangan deh karena kebanyakan yang fotonya ulang hasilnya ngeblur gitu. yaa tapi terserah hihi. 
LOKET 4: lupa gue hahaha 
LOKET 5: 
loket akademik. nanti lo akan dapet buku jadwal kegiatan, cd akademik, password SIAK-NG, apalagi gitu lupa. semuanya simpen rapi ya. disini juga tempat lo ngumpulin semua berkas yang di cek di loket pertama. 
LOKET 6: 
loket pengambilan ktm :) seneng deh pasti haha. lo harus pasang kuping sama mata karena nama lo akan dipanggil dan foto-foto lo akan terpampang di layar. 
LOKET 7: 
loket pengambilan jakun :) girang deh lo pasti hahaha. nah lo tukerin kupon jakun disini. saran gue bawa tas gede ya kan lo akan bawa jakun. lo tinggal ngasih kupon dan petugas dengan cepat akan langsung ambil jakun lo, tapi petugas juga manusia, bisa aja dia salah ngasih makara. makanya cek dulu warna makara lo udah warna fakultas lo belom dan jangan lupa vek ukuran juga. nih gue kasih tau warna makaranya: 
  • FK- IJO
  • FKG- IJO PUTIH
  • FT- BIRU TUA
  • FASILKOM- BIRU MERAH
  • FKM- UNGU
  • FMIPA-BIRU TUA ITEM
  • FE- ABU ABU
  • FH- MERAH
  • FPSI- BIRU MUDA
  • FISIP - ORANYE
  • FIK-BIRU MUDA
Nah udah semua loket deh. selamat ya udah terdaftar jadi mahasiswa UI 2011 hihi :)) belom selesai, abis keluar balairung ada mahasiswa yang akan nanya-nanya mau ngurus asrama atau ngga, buat yang mau ya ikut aja dulu paling cuma bentar dijelas-jelasin. abis itu lo akan keluar balairung dan.. jangan pusing ya karena akan ada banyak mahasiswa yang teriak-teriak ngucapin selamat datang terus neriak-neriakin jurusan gitu-gitu. lo ngga usah pusing dulu karena lo akan test kesehatan kan. nanti akan ada mahasiswa yang pake tanda pengenal yang nyuruh lo baris buat naik bikun ke tempat test kesehatan di pkm (pusat kesehatan mahasiswa)

Nah ini dia sesi terakhir test kesehatan haha.

  1. Pertama lo akan registrasi dulu di tempat pendaftaran. nanti isi-isi data, nempel-nempel foto.
  2.  Kedua test jantung (kalo ngga salah) apa test apa gitu. nanti lo akan masuk ke dalem mobil besar gitu. trus masuk lagi ke dalem ruangan yang kecil, trus dada lo ditempel di alat gitu, pintu ditutup, trus di cek, selesaai. 
  3. Ketiga lo masuk ke dalem pkm, jangan ke dalem dulu karena di luar lo akan nimbang berat badan dan ukur tinggi badan dulu. 
  4. Keempat lo akan ditanya-tanya seputar riwayat penyakit, trus kondisi kesehatan lo, pokoknya ditanya-tanya, jawab jujur ya hihi. 
  5. Kelima masuk ke lorong pkm dan test tekanan darah.
  6. Terakhir lo akan masuk ke dalem ruangan dokter gitu trus cekmata cek apalagi gitu, kalo udah, selesai dehh :)) saatnya kembali ke balairung untuk datang ke stan fakultas masing-masing :)) kalo bisa dateng karena takut ada pengumuman gitu. khusus Teknik Kimia, kalian wajib dateng karena mau dibagi amplop Biru Tua dari dekanat yang isinya kegiatan-kegiatan. trus kasih tau orang tua deh suratnya biar orang tua tau jadwal kalian :))
Nah lanjutin ya tips-tips dari gue hihi

5. Untuk test kesehatan disuruh bawa foto kan ya? gue lupa kalo ngga salah 2x3 sama 3x4 apa 4x6 gitu sumpah lupa haha bawa aja semuanya berwarna ya. yang dipake cuma dua kalo ngga salah.

6. Registrasi itu foto kan nanti ditempel-tempel, sedangkan lem tuh ngantri, saran gue foto lo udah di doubletip-in deh dari rumah, jadi pas disana tinggal tempel. kalo mau bawa lem juga gapapa sih, cuma ngga enak kan kalo ada yang mau minjem trus lo ngga kasih, kalo dikasih ntar lama lagi, jadi mending udah di doubletip dari rumah.

7. sangat tidak disarankan nyampe pkm jam 12. kenapa? karena mereka istirahat sampe jam1! dan lo akan nunggu 1 jam kalo lo nyampe pkm jam12. itu buat test kesehatan, lanjut!

8. di balairung nanti akan banyak mahasiswa yang nyuruh lo untuk ikut mereka. lo harus pinter-pinter milih ya, kalo ditarik sama okk, fakultas atau jurusan ngikut aja. kalo dulu sih gue diemin, cuma ngikut okk trus langsung ke stan Teknik.

9. kalo ada yang jualan dibeli ntar gue jualan lhoo hahahahahahahahahaha.

udah sih gitu aja.. ohya dulu gue nyampe kan jam 7 kurang 15, selesainya jam setengah 11. cepet kan? makin cepet lo dateng, makin cepet lo selesai. temen yang dateng jan setengah 8 apa jam 8 gitu, selesainya jam setengah 2 soalnya jadi makin ngantri. malah ada temen gue dateng jam setengah 9 malah nyampe test kesehatan jam 4 dan itu udah tutup. akhirnya dia test kesehatan besoknya. males banget kan?!

Share:
Lokasi: Jakarta, Indonesia