Friday, November 18, 2011

Acetobacter Xylinum

Acetobacter Xylinum


2.1 Air Cucian Beras
Pencemaran akibat air limbah merupakan masalah utama yang dapat mengganggu kesehatan lingkungan. Dalam kehidupan sehari-hari, proses pencucian beras akan menghasilkan suatu limbah rumah tangga yang dikenal dengan air cucian beras. Selama ini limbah air cucian beras tersebut belum pernah dimanfaatkan oleh masyarakat, sehingga hal ini memicu terjadinya pencemaran lingkungan (Lestari, 1994).
Dalam limbah air cucian beras banyak terkandung senyawa-senyawa organik seperti protein, lemak dan karbohidrat yang mudah busuk sehingga menimbulkan bau yang kurang sedap (Shurtleft dan Aoyogi, 1975). Jika ditinjau dari komposisi kimianya, ternyata air limbah cucian beras mengandung nutrien-nutrien (protein, karbohidrat, dan bahan-bahan lainnya) yang jika dibiarkan dibuang begitu saja justru dapat menimbulkan pencemaran. Padahal jika ditinjau lebih lanjut, air cucian beras memiliki potensi sebagai media fermentasi Acetobacter xylinum untuk menghasilkan gas hidrogen yang dapat dimanfaatkan sebagai media memperhalus muka

2.2 Global Warming
Global warming adalah proses meningkatnya suhu rata-rata di atmosfer, lautan, dan daratan bumi sebagai akibat dari efek gas rumah kaca yang terjadi ketika gas karbondioksida, klorofluorokarbon, metana, dinitro oksida, hidrofluorokarbon, perfluorokarbon, sulfur heksafluorida, dan nitrogen oksida menumpuk di atmosfer bumi akibat adanya pembakaran bahan bakar minyak dan batubara sebagai sumber energi. Dalam peristiwa ini gas-gas tersebut menyerap sinar matahari yang di pantulkan oleh permukaan bumi, sehingga panas terjebak dalam lapisan troposfer dan menyebabkan terjadinya peningkatan suhu secara global (Sugiyono, 2000).
Menurut Callan (2000), sumbangan terjadinya pemanasan global yang terbesar adalah berasal dari gas CO2 sebesar 61 %, diikuti oleh CH4 sebesar 15 %, CFC sebesar 12 %, N2O sebesar 4 % dan sumber-sumber lain sebesar 8 %. Efek rumah kaca sebenarnya bukanlah sesuatu yang buruk. Justru efek ini memberikan kesempatan adanya kehidupan di bumi. Kalau tidak ada efek rumah kaca, maka suhu rata-rata permukaan bumi bukanlah 15 oC seperti sekarang, melainkan -18 oC. Yang menjadi masalah adalah jumlah gas rumah kaca ini semakin tahun bertambah secara berlebihan sehingga mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan secara global. Gas rumah kaca yang bertambah secara berlebihan ini akan menahan lebih banyak radiasi dari pada yang dibutuhkan oleh kehidupan di bumi, sehingga terjadi gejala yang disebut pemanasan global. Dampak dari pemasan global ini antara lain yaitu: meningkatnya suhu air laut, perubahan pola iklim seperti curah hujan, perubahan frekuensi dan intensitas badai, serta meningkatnya tinggi permukaan air laut karena mencairnya es di kutub (Sugiyono, 2000).

2.3 Fuel Cell
Fuel cell tersusun atas anoda, katoda dan elektrolit (membran). Anoda berperan sebagai tempat terjadinya pemecahan hidrogen (H2) menjadi proton dan elektron (listrik). Katoda berperan sebagai tempat terjadinya reaksi penggabungan proton, elektron dan oksigen untuk membentuk air. Sedangkan elektrolit berperan sebagai media untuk mengalirkan proton (Agoumba, 2004).
Anoda : 2H2 Þ 4H+ + 4 e-
Katoda            : O2 + 4H+ + 4 e- Þ 2H2O
Reaksi : 2H2 + O2 Þ 2H2O
Pada fuel cell berbahan bakar hidrogen, ketika molekul hidrogen melakukan kontak dengan anoda, molekul tersebut terpisah menjadi ion hidrogen dan elektron. Elektron mengalir melalui sirkuit luar menuju katoda, menimbulkan aliran listrik. Ion hidrogen melewati elektrolit (membran) juga menuju katoda, lalu bergabung dengan elektron dan oksigen dari udara membentuk molekul air (Suhada, 2001).

2.4 Fermentasi Mikroba
Fermentasi berasal dari kata ferment yang berarti enzim. Definisi dari fermentasi adalah suatu proses yang bekerja berdasarkan kerja enzim. Fermentasi merupakan perubahan suatu senyawa maupun bahan organik melalui peristiwa biologis yang dilakukan oleh mikroba atau enzim menjadi suatu produk baru berstruktur fisik dan kimia yang memiliki nilai sama tinggi (Ginandjar, 1983). Definisi lain menurut Prescott dan Dunn (1959), fermentasi adalah suatu proses perubahan kimia yang dihasilkan dalam suatu substrat organik melalui kegiatan rumit enzim-enzim dari mikroba. Adanya perubahan kimia oleh aktivitas enzim yang dihasilkan oleh mikroba itu meliputi perubahan molekul-molekul kompleks atau senyawa organik seperti protein, karbohidrat, maupun lemak menjadi molekul-molekul yang lebih sederhana, mudah larut dan daya cerna yang tinggi (Shurtleff dan Aoyagi, 1979).
Adanya proses fermentasi memiliki beberapa macam manfaat, diantaranya menurut Shurtleff dan Aoyagi (1979), yaitu dapat mengubah molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana dan mudah dicerna, mengubah rasa dan aroma menjadi lebih baik. Selain itu produk hasil fermentasi akan menjadi tahan lama dan dapat mengurangi senyawa racun yang dikandung sehingga nilai ekonomi bahan dasarnya menjadi lebih baik (Saono, 1976).

2.5 Selulosa
Selulosa (C6H10O5)n adalah polimer berantai panjang polisakarida karbohidrat, dari beta-glukosaSecara kimia, selulosa merupakan senyawa polisakarida yang terdapat banyak di alam. Selulosa memiliki bobot molekul tinggi, strukturnya teratur berupa polimer linear yang terdiri dari unit ulangan D-Glukopiranosa. Karakterisasi selulosa antara lain muncul karena adanya struktur kristalin dan amorf serta pembentukan micro fibril dan fibril yang pada akhirnya menjadi serat selulosa. Sifat selulosa sebagai polimer tercermin dari bobot molekul rata-rata, polidispersitas dan konfigurasi rantainya (Chang dkk., 2003).
3.2 Karakterisasi Enzim
Di dalam sebuah sel rata-rata terdapat ribuan jenis enzim yang berbeda-beda yang dalam melaksanakan suatu aktivitas harus terkoordinasi sehingga produk yang sesuai dapat terbentuk dan tersedia pada tempat yang tepat, jumlah yang tepat, waktu yang tepat, dan tentunya dengan penggunaan energi seminim mungkin. Enzim berperan sebagai katalis hayati, dalam hal ini memiliki fungsi untuk mempercepat suatu reaksi kimiawi dengan jumlah enzim yang sedikit (Taft dkk., 2003).
Berdasarkan tempat digunakannnya, enzim terdiri atas dua tipe yaitu enzim intraselular atau endoenzim yang berfungsi di dalam sel, dan enzim ekstraselular atau eksoenzim yang berfungsi di luar sel. Fungsi utama endoenzim adalah mensintesis bahan selular dan juga menguraikan nutrien untuk menyediakan energi yang dibutuhkan oleh sel. Sedangkan fungsi utama dari eksoenzim adalah melangsungkan terjadinya perubahan tertentu pada nutrien yang ada di sekitarnya sehingga memungkinkan untuk dapat masuk ke dalam sel (Pelczar dan Chan, 1988). Molekul-molekul enzim memiliki efisiensi yang tinggi dalam mempercepat reaksi pengubahan substrat menjadi produk akhir. Namun enzim bersifat tidak stabil, yakni aktivitasnya dapat berkurang atau rusak oleh berbagai faktor baik fisik maupun kimia.

3.3 Pengukuran Beda Potensial MFC Limbah Air Cucian Beras
Sistem MFC pada penelitian ini menggunakan limbah air cucian beras sebagai medium elektrolit. Di dalam limbah cair ini terjadi proses metabolisme oleh mikroba yang menghasilkan ion H(proton) dan elektron. Ion Hselanjutnya akan berpindah ke katoda melalui membran sedangkan elektron akan dialirkan keluar sistem mikroba melalui sirkuit eksternal yang secara langsung dapat digunakan untuk menghasilkan arus listrik (Liu dkk., 2004; Madigan dkk., 1997).
Membran penukar ion (silika - selulosa asetat) yang menjadi pembatas dalam medium elektrolit berfungsi mengalirkan ion Hdari anoda ke katoda. Ketika berinteraksi dengan molekul air, membran akan melepaskan ion (H+) dari air karena adanya muatan negatif pada membran yang ditunjukkan dengan adanya gugus asetil. Ion H+ selanjutnya akan tertarik menuju membran, sedangkan ion OH- akan terdorong menjauhi membran akibat adanya kesamaan muatan antara gugus asetil dengan ion OH-. Gaya dorong gugus asetil terhadap ion OH- akan semakin berkurang seiring dengan semakin banyaknya ion H+ yang tertarik ke dalam membran. Pada akhirnya ion OH- yang semula menjauhi menjauhi membran lama-lama akan tertarik akibat aktivitas ion H+ di permukaan membran. Hal ini akan memicu terjadinya beda potensial dalam media air cucian beras yang pada akhirnya akan menghasilkan arus listrik (Wagner, 2005). Pada Tabel 3.1 dapat diketahui bahwa limbah air cucian beras memiliki potensial listrik sebesar 513 mV dengan karakterisasi pH basa. Potensial listrik yang dimiliki limbah air cucian beras diharapkan dapat semakin meningkat, seiring dengan adanya substitusi silika pada membran selulosa asetat disebabkan karena silika memiliki sifat higroskopis,

3.4 Membran komposit Fermentasi Acetobacter xylinum
Membran merupakan suatu lapisan tipis antara dua fasa fluida yang bersifat penghalang (barrier) terhadap suatu spesi tertentu, yang dapat memisahkan zat dengan ukuran berbeda, serta membatasi transport dari berbagai spesi berdasarkan sifat fisik dan kimianya. Proses pemisahan dengan membran dapat terjadi karena adanya perbedaan ukuran pori, bentuk, serta struktur kimianya. Membran demikian biasa disebut sebagai membran semipermeabel, artinya dapat menahan spesi tertentu, tetapi dapat melewatkan spesi yang lainnya (Thomas dkk., 1997). Fasa campuran yang akan dipisahkan dalam membran disebut umpan (feed), dan fasa hasil pemisahan disebut permeat (permeate). Sifat-sifat membran perlu dikarakterisasi, yang meliputi efisiensi serta mikrostrukturnya. Efisiensi membran ditentukan oleh permeabilitas dan selektivitasnya. Permeabilitas merupakan ukuran kecepatan dari suatu spesi untuk melewati membran. Sifat ini dipengaruhi oleh jumlah dan ukuran pori, tekanan yang diberikan, serta ketebalan membran. Permeabilitas dinyatakan sebagai suatu besaran fluks yang didefinisikan sebagai jumlah volum permeat yang melewati satu satuan luas membran dalam satuan waktu tertentu dengan adanya gaya penggerak berupa tekanan.
…………………………………...(1)
Membran yang baik adalah jenis membran yang memiliki selektivitas dan permeabilitas yang tinggi. Selektivitas membran diukur dengan menentukan koefisien rejeksinya, yaitu kemampuan membran untuk menahan partikel terlarut, sementara pelarutnya melewati membran. Selektivitas dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan membran dalam menahan atau melewatkan suatu partikel. Selektivitas dinyatakan sebagai koefisien rejeksi yang dilambangkan dengan R, yaitu fraksi konsentrasi zat yang tertahan oleh membran (Warisno, 1994).
…………………………………………………………..(2)
dimana:  R = koefisien rejeksi
               Cp = konsentrasi partikel dalam permeat
               Cf = konsentrasi partikel dalam umpan
Karakterisasi sifat mekanik perlu dilakukan untuk mengetahui kekuatan membran terhadap gaya yang berasal dari luar yang dapat merusak membran. Semakin rapat struktur membran, maka jarak antar molekul dalam membran juga akan semakin rapat, sehingga membran akan mempunyai kekuatan tarik dan daya robek yang besar. Untuk mengetahui morfologi membran, digunakan alat Scanning Elektron Microscope (SEM), yang dapat memberikan informasi mengenai struktur permukaan dan penampang lintang. Dengan SEM juga dapat diperoleh data mengenai ukuran porinya, sehingga dari hasil ini dapat ditentukan standar keseragaman struktur membran yang akan digunakan (Zendy, 1997).

Membran komposit adalah membran yang dibuat dengan bahan dasar campuran dua atau lebih polimer. Jenis membran ini umum dibuat untuk meningkatkan kualitas membran dibanding dengan satu jenis polimer sebagai bahan dasarnya. Teknik pembuatan membran komposit dilakukan dengan cara melapiskan suatu lapisan polimer tertentu di atas suatu lapisan lain yang berpori dari jenis polimer yang lain. Salah satu material digunakan sebagai bahan untuk membentuk membran berpori. sedangkan material yang lain digunakan sebagai lapisan atas, yaitu lapisan aktif dengan ukuran pori yang berukuran lebih rapat.
Share:

Monday, September 12, 2011

Masa Remaja dikala SMA

Masa Remaja dikala SMA


Kubuka album memoriku
Kutemukan hal terindah dalam hidupku,
Tentang kalian, Tentang rasa, tentang kisah, tentang cinta
Tentang bagaimana megahnya kebersamaan, tentang bagaimana menakjubkannya kebersamaan,
Tentang bemiliaran kenangan hebat dalam hidupku
Tentang berkilaunya masa laluku..

Bersama kalian, tercipta hal menakjubkan selami dalamnya lautan keindahan
Bersama kalian, terbentuk alunan kisah mengharukan,
Yang telalu indah tuk dilupakan
saat tangan tak lagi berjabat, saat mata tak lagi bertatap,
Saat hati tak lagi bercerita bersama..

Indah, memang indah..
Walau sulit tuk arungi kesenangan bersama,
Meski sulit tuk arungi kebahagiaan bersama,
Cerita cinta saat sma, cerita kasih ketika sma
Begitu menakjubkan, begitu mengharukan..

Berlinang air mata ketika kenyataan tak lagi mengijinkan kita tuk bersama,
Berjatuhan kepingan hati menggugurkan rasa bahagia,
Hancur, gugur, ketika tangan terbujur, tak mampu pertahankan jabat tangan dalam kehangatan

Memang hati kita tak lagi bersama,
Memang waktu telah pisahkan kita,
Memang cita-cita tak mengharuskan kita tuk melangkah bersama..

Percayalah, hati ini nyata, hati ini ada
Tercipta untuk kalian, terbentuk bersama iringan langkah kalian
Membentuk serpihan-serpihan ingatan yang pasti menyegarkan ketika dipertemukan

Kawan,
Kenangan ini begitu hangat, begitu memikat,,
Masih terasa sulit membayangkan bahwa kita telah dipisahkan
Jarak, ambisi, cita-cita, cinta dan harapan bukan halangan
Bukan hambatan tuk selalu ingat kalian

Ijinkanlah hati ini berada di tempat padat dalam diri kalian,
Ijinkanlah diri ini hinggap dalam benak kalian,
Walaupun kadang menyakitkan,
Meskipun kadang menjengkelkan,
Percayalah, kenangan tentang kalian pasti tersimpan..
Sisihkan kepadatan dalam hati,
Memberi ruang untuk berbagi,
Dengan kalian, dengan ingatan bersama kalian

Ijinkanlah diri ini selalu mengenang kehebatan kalian..

Tuk sepatah kata maaf yang belum terucap,
Tuk segores luka yang pernah tertoreh
Ijinkanlah tulisan ini hidup bersama kalian..

Tentang kalian,
Tentang kebersamaan,
Tentang kenangan hebat yang bermekaran..
Tentang semua yang menakjubkan..

Selamat berjuang,
Semoga kita dipertemukan dalam puncak kesuksesan..
Untuk kita, untuk semua yang terindah dalam hidup kita..
Semoga..................................



Agung wicaksono........XII IA 1
Share:

Saturday, August 27, 2011

Cerita Registrasi kedua di UB Malang

Cerita Registrasi kedua di UB Malang


Akhirnya saya memutuskan untuk melanjutkan kuliah S1 saya di University of Brawijaya dengan Beasiswa

Tgl 12 juli 2011 saya brngkat ke Malang bersama Bunda naik kereta api tutt tutt saya brngkat pukul 04.00 wib dari rumah (Banyuwangi paling selatan) sampai rogojampi pukul 05.00 wib antri sebentar buat beli tiket untuk jalur banyuwangi-Malang tiba tiba ada kereta datang Bunda saya kok naik dah saya bilangi kereta jalur surabaya malah ngeyel, terus sama petugas di suruh turun dah hehe.
Kereta Malang pun datang wah saya sama Bunda cepet cepet naik untuk berebut tempat duduk hehe perjalanan dah 7 jam kami di kereta akhirnya sampai juga terus kami naik line ADL kalau mau ke kampus UB naik line ADL yah habis tu kami jalan kaki sbtulnya saya kasihan sama Bunda dah capek malah dsruh jalan kaki sesampai disana wah ada tenda tenda gitu buat MABA 2011 dibenakku terbesit ni mau daftar ulang apa mau nikahan neh kok rame banget padahal masih hari pertama lo masih ada 4 hari kedepan buat daftar ulang.
Terus Bunda tak suruh istirahat deket mahjid biar bisa istirahat terus saya siapin berkas berkas dah buat daftar ulangnya mulai dari kartu peserta SNMPTN, kartu keluarga, akte kelahiran, fotocopy rekening listrik dan mssih banyak lagi dah lupa saya hehe itu semua buat nentuin biaya proposional kita selama kuliah di UB habis itu aku masuk di Gedung SAMANTHA KRIDA buat antri nyodorin berkas yang tadi itu tapi antrinya tu lo mintak ampun haduh ckckck dari sana jam 14.00 wib selesai jam 20.00 wib itupun sialnya aku belum selesai terpaksa aku datang lagi besok harinya di tempat yang sama habis tu aku langsung lets go ke kost'an saya sesampai disana sayanlangsung mandi terus tidur dah tapi Bunda saya msih sibuk ngobrol sama bu kost apa ngak capek kali yak,,,,
Pagi pun tiba aku bangun jam 06.00 wib terus mandi aku agak santai seh soalnya jam 08.00 wib baru di buka eh teryata dari sana sudah banyak yg sudah datang meskipun gedung belum dibuka setelah di buka saya lai sekencangnya biar bisa duluan sampai belum pamitan sama Bunda saya tapi ngak apalah Bunda pasti maklum heheh habis itu aku langsung antri di deket dosen terus di tanya dek udah cek kesehatan belum terus aku bilang belum pak nanti saja lah pak terus dosenya bilang antri dulu dek terus aku nengok kebelakang dan banyak yang antri gitu lalu saya antri dah lama lama antri eh ternyata aku salah masuk fakultas Perikanan dan ilmu ke lautan (FPIK) lalu disuruh antri lagi dah padahal fakultas FK,FT,FMIPA,FP di sebelah dengan fomulir warns Biru Muda kalau ngak salah seh heheh soanya fakultas lainnya warna Merah muda gitu habis dapet fomulir aku isi terus naik di lantai dua buat cek mata, tensi, sama cek golongan darah padahal aku paling takut sama jarum suntik ya sudahlah bohong  saja ke panitianya kalau golongan darah aku A jangan di tiru ya
Habis itu aku turun buat nyerahin berkas berkas yang tadi itupun ngak berjalan mulus masih antri lagi aku berdebat sama dosennya gara" berkas saya kurang satu akhirnya aku menang debatnya hehe dan ngak disuruh ambil dirumah hehe habis itu aku keluar dari gedung SAMANTHA KRIDA  di luar banyak mahasiwa teriak' Pertanian", Perikanan", Perternakan", Teknik" dll masih banyak lagi tapi saya biarkan tapi Maba yang lain nyamperin gitu soalnya aku keburu nyari Bunda aku tadi ternyata ngobrol sama orang tua dari Medan, jakarta, Bali gitu habis itu aku langsung pulang ke Banyuwangi dah capek sih mau jalan jalan hehe 

Bersambung (Lain kali dilanjutkan hehe) 


Share:

Friday, August 26, 2011

Cerita Registrasi Simak UI

Cerita Registrasi Simak UI


 UI Terima 979 Maba dari Tes SIMAK
Haloo saya mau share cerita pas daftar ulang dulu di Universitas Indonesia eventually saya milih Universitas Brawijaya sih karena Beasiswa hehe ini ceritanya Disini saya dulu bener-bener nggak ada bayangan gimana daftar ulang itu. nah sekarang saya mau cerita pengalaman saya ketika daftar ulang tuh gimana. hihi.

nggak seperti biasanya saya bangun jauh lebih pagi (around jam 2) saya langsung mandi segala macem, makan, ngecek-ngecek berkas-berkas dan semua keperluan buat daftar ulang. malem sebelumnya semua udah saya siapin di tas yang gede dan saya buat list di buku saku saya. jadi pagi-pagi tinggal ceklis-ceklis aja yang udah ada di tas. 
Setelah semuanya lengkap jam 6 kurang 15 saya berangkat ke stasiun cikini. Saya naik kereta jam 6 lewat 20 dan nyampe UI jam 7 kurang 15. ohya, buat yang naik kereta, turunnya di STASIUN PONDOK CINA ya, setelah stasiun UI kalo dari arah jakarta, setelah stasiun depok baru buat yang dari arah bogor. jangan di stasiun UI-nya. kan daftar ulang di balairung, jadi dari pocin tinggal jalan kaki deh. kalo turun di stasiun UI, harus naik bikun lagi buat ke balairung. nah pas udah nyampe balairung, ini hal-hal yang semustinya dilakukan:

1. Cari Barisan Fakultas
2. Kalo Udah Ketemu, Cari Nama Jurusan kamu Di Aspal-Aspal

Jadi pas saya nyampe balairung tuh udah rame banget. Saya langsung nyari Teknik Kimia. pas udah ketemu saya main baris aja di barisan yang paling deket sama saya abis Teknik Kimia banyak banget barisannya. trus saya kenalan sama anak kedokteran namanya Fariz yang juga baris di belakang saya. udah ngobrol lama, dia nanya apa bedanya barisan-barisan di Teknik Kimia.saya bilang aja gatau. trus dia bilang "jangan-jangan ini baris per jurusan" akhirnya saya mikir juga, iya juga yaa haha.. ternyata, saya sama dia baris di barisan Fakultas Ekonomi dan tulisan jurusan itu ada di aspal ditempel dibawah keinjek saya
langsung deh saya sama dia nengok ke bawah nyari jurusan kita. ketemulah barisan saya. Teknik kimia cuma 26 orang. udah gitu belom banyak dateng. jadi saya baris di depan-depan deh hahahaha 
3. Apalin NPM
4. Selalu Pegang Pulpen

nah ini penting nih karena kamu akan selalu nulis-nulis nama npm fakultas dan jurusan. abis baris di barisan jurusan, sebelum masuk ke dalem, kita absen dulu, abis absen nanti dibagiin map gitu suru isi-isi deh. sama ada loket-loket buat di dalemnya. nah baru deh masuk ke dalem balairung. tenang aja, ngantrinya duduk kok. nah pas nganrti gini nih cemilan yang kamu bawa sama minumannya serta cemilan yang kamu bawa akan sangat berharga hihi. panas sih hihi. nah sekarang pas udah di dalem balairung. tenang aja, kamu ngga akan bingung karena semuanya jelas kok harus kemana-mana dulu.

LOKET 1: 
loket pengecekan berkas. kalau kamu ada salah data, misal salah nama, bilang aja disini.
LOKET 2: 
loket fitting jakun. Kamu akan fitting ukuran jakun. jd ngga usah cepet-cepet, bener-bener coba yang nyaman sama kamu ukuran mana. nanti kamu akan dapet kupon ukuran jakun buat dituker di loket terakhir (saya lupa dapetnya pas ini apa pas ngantri gitu) 
LOKET 3: 
loket ktm (kartu tanda mahasiswa). fotonya pake foto kita pas simak, kalo yg ppkb gatau deh saya hehe, buat yang ngerasa fotonya pas simak ngga oke, bisa foto ulang disana, tapi saran saya, jangan deh karena kebanyakan yang fotonya ulang hasilnya ngeblur gitu. yaa tapi terserah hihi. 
LOKET 4: lupa saya hehe
LOKET 5: 
loket akademik. nanti kamu akan dapet buku jadwal kegiatan, cd akademik, password SIAK-NG, apalagi gitu lupa. semuanya simpen rapi ya. disini juga tempat kamu ngumpulin semua berkas yang di cek di loket pertama. 
LOKET 6: 
loket pengambilan ktm :) seneng deh pasti haha. Kamu harus pasang kuping sama mata karena nama kamu akan dipanggil dan foto-foto kamu akan terpampang di layar. 
LOKET 7: 
loket pengambilan jakun :) girang deh kamu pasti hahaha. nah kamu tukerin kupon jakun disini. saran saya bawa tas gede ya kan kamu akan bawa jakun. Kamu tinggal ngasih kupon dan petugas dengan cepat akan langsung ambil jakun kamu tapi petugas juga manusia, bisa aja dia salah ngasih makara. makanya cek dulu warna makara kamu udah warna fakultas kamunbelom dan jangan lupa vek ukuran juga. nih saya kasih tau warna makaranya: 
  • FK- IJO
  • FKG- IJO PUTIH
  • FT- BIRU TUA
  • FASILKOM- BIRU MERAH
  • FKM- UNGU
  • FMIPA-BIRU TUA ITEM
  • FE- ABU ABU
  • FH- MERAH
  • FPSI- BIRU MUDA
  • FISIP - ORANYE
  • FIK-BIRU MUDA


Nah udah semua loket deh. selamat ya udah terdaftar jadi mahasiswa UI 2011 hihi :)) belom selesai, abis keluar balairung ada mahasiswa yang akan nanya-nanya mau ngurus asrama atau ngga, buat yang mau ya ikut aja dulu paling cuma bentar dijelas-jelasin. abis itu kmau akan keluar balairung dan.. jangan pusing ya karena akan ada banyak mahasiswa yang teriak-teriak ngucapin selamat datang terus neriak-neriakin jurusan gitu-gitu. Kamu ngga usah pusing dulu karena kamu akan test kesehatan kan. nanti akan ada mahasiswa yang pake tanda pengenal yang nyuruh kamu baris buat naik bikun ke tempat test kesehatan di pkm (pusat kesehatan mahasiswa)

Nah ini dia sesi terakhir test kesehatan haha.

  1. Pertama kamu akan registrasi dulu di tempat pendaftaran. nanti isi-isi data, nempel-nempel foto.
  2.  Kedua test jantung (kalo ngga salah) apa test apa gitu. nanti kamu akan masuk ke dalem mobil besar gitu. trus masuk lagi ke dalem ruangan yang kecil, trus dada kamu ditempel di alat gitu, pintu ditutup, trus di cek, selesaai. 
  3. Ketiga kamu masuk ke dalem pkm, jangan ke dalem dulu karena di luar kamu akan nimbang berat badan dan ukur tinggi badan dulu. 
  4. Keempat kamu akan ditanya-tanya seputar riwayat penyakit, trus kondisi kesehatan kamu, pokoknya ditanya-tanya, jawab jujur ya hihi. 
  5. Kelima masuk ke lorong pkm dan test tekanan darah.
  6. Terakhir kamu akan masuk ke dalem ruangan dokter gitu trus cekmata cek apalagi gitu, kalo udah, selesai dehh :)) saatnya kembali ke balairung untuk datang ke stan fakultas masing-masing :)) kalo bisa dateng karena takut ada pengumuman gitu. khusus Teknik Kimia, kalian wajib dateng karena mau dibagi amplop Biru Tua dari dekanat yang isinya kegiatan-kegiatan. trus kasih tau orang tua deh suratnya biar orang tua tau jadwal kalian :))
Nah lanjutin ya tips-tips dari saya hihi

5. Untuk test kesehatan disuruh bawa foto kan ya? Saya lupa kalo ngga salah 2x3 sama 3x4 apa 4x6 gitu sumpah lupa haha bawa aja semuanya berwarna ya. yang dipake cuma dua kalo ngga salah.

6. Registrasi itu foto kan nanti ditempel-tempel, sedangkan lem tuh ngantri, saran saya foto kamu udah di doubletip-in deh dari rumah, jadi pas disana tinggal tempel. kalo mau bawa lem juga gapapa sih, cuma ngga enak kan kalo ada yang mau minjem trus kamu ngga kasih, kalo dikasih ntar lama lagi, jadi mending udah di doubletip dari rumah.

7. sangat tidak disarankan nyampe pkm jam 12. kenapa? karena mereka istirahat sampe jam1! dan kamu akan nunggu 1 jam kalo kalau kamu nyampe pkm jam12. itu buat test kesehatan, lanjut!

8. di balairung nanti akan banyak mahasiswa yang nyuruh kamu untuk ikut mereka. Kamu harus pinter-pinter milih ya, kalo ditarik sama okk, fakultas atau jurusan ngikut aja. kalo dulu sih saya diemin, cuma ngikut okk trus langsung ke stan Teknik.

9. kalo ada yang jualan dibeli ntar saya jualan lhoo hahahahahahahahahaha.

udah sih gitu aja.. ohya dulu saya nyampe kan jam 7 kurang 15, selesainya jam setengah 11. cepet kan? makin cepet kamu dateng, makin cepet kamu selesai. temen yang dateng jan setengah 8 apa jam 8 gitu, selesainya jam setengah 2 soalnya jadi makin ngantri. malah ada temen saya dateng jam setengah 9 malah nyampe test kesehatan jam 4 dan itu udah tutup. akhirnya dia test kesehatan besoknya. males banget kan?!
Share: